Selasa, Agustus 9, 2022
Kontra-teror

Turki netralisir mantan bodyguard tokoh teroris PKK

Turki netralisir mantan bodyguard tokoh teroris PKK - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Pasukan keamanan Turki telah menetralkan mantan penjaga tokoh pemimpin kelompok teroris PKK, Murat Karayılan.

Kementerian Dalam Negeri pada hari Senin mengatakan, teroris itu memiliki kode nama “Hevran Havraman Avyer.” Nama aslinya adalah Hasan Mahmudi.

Teroris itu diburu dengan red notice, tambah pernyataan itu.

“Telah dipastikan bahwa dia dulunya adalah penjaga Murat Karayılan, yang memiliki nama sandi “Cemal,” kata kementerian itu.

Karayılan sendiri telah berada di radar pasukan keamanan Turki. Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu sebelumnya bersumpah untuk menangkap dan “memotongnya menjadi ribuan bagian” setelah eksekusi PKK terhadap 13 warga Turki di wilayah Gara Irak utara.

Teroris PKK sering menggunakan Irak utara sebagai pangkalan untuk merencanakan serangan teroris lintas batas di Turki.

Juni lalu, Turki meluncurkan operasi Claw-Tiger dan Claw-Eagle untuk memastikan keamanan Turki dan perbatasan nasionalnya dengan menghilangkan ancaman teroris. Operasi Claw-Eagle 2 diluncurkan pada hari Rabu.

Dalam lebih dari 40 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

Sumber: Daily Sabah

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: