Senin, Agustus 8, 2022
Amerika

Turki nilai AS lepas tanggung jawab terhadap nasib pengungsi Afghanistan

Dubes Lalu Muhammad Iqbal: Hubungan bilateral Indonesia dan Turki tumbuh cepat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Tanju Bilgic, menyatakan Turki tidak akan menerima keputusan Amerika Serikat (AS) mengenai pengungsi Afghanistan.

Menurutnya, langkah yang diambil Washington untuk menjadikan negara ketiga sebagai penampung pengungsi Afghanistan merupakan keputusan tidak bertanggung jawab.

“Pernyataan Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada 2 Agustus bahwa aplikasi imigrasi warga Afghanistan ke AS akan diterima dari negara ketiga melalui organisasi afiliasi mereka, juga mengacu pada negara kami,” kata Bilgic.

Pernyataan itu muncul setelah Departemen Luar Negeri AS mengumumkan Program Penerimaan Pengungsi AS Prioritas 2 untuk warga negara Afghanistan yang bekerja untuk pemerintah AS, organisasi nonpemerintah yang berbasis di AS, dan organisasi pers.

Keputusan itu dinilai Bilgic akan menyebabkan krisis migrasi besar di kawasan itu dan meningkatkan penderitaan rakyat Afghanistan di jalur migrasi.

“Tidak dapat diterima untuk mencari solusi di negara kita tanpa persetujuan kita, alih-alih mencari solusi di antara negara-negara di kawasan ini,” ujar Bilgic dikutip dari Anadolu Agency.

Bilgic mengatakan, Turki telah menampung jumlah pengungsi terbesar di dunia selama tujuh tahun terakhir. Dia menekankan negaranya tidak memiliki kapasitas untuk melakukan krisis migrasi baru atas nama negara ketiga.

Menurut Bilgic, Turki tidak akan mengambil alih tanggung jawab internasional negara ketiga dalam hal apa pun. Ankara pun tidak akan membiarkan hukumnya disalahgunakan oleh negara ketiga untuk tujuan mereka sendiri.

 

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: