Minggu, Oktober 2, 2022
Teknologi

Turki-Pakistan kerja sama produksi spare part drone Anka

Turki-Pakistan kerja sama produksi spare part drone Anka - Turkinesia
Turki-Pakistan kerja sama produksi spare part drone Anka

ANKARA/ISLAMABAD

Salah satu produsen kendaraan udara tak berawak (UAV) terkemuka di Turki, Turkish Aerospace Industries (TAI), telah menandatangani kontrak dengan Komisi Teknik dan Sains Nasional Pakistan (NESCOM) untuk memproduksi komponen drone tempur Anka.

Menurut laporan Anadolu Agency (AA), Sabtu, TAI dan NESCOM akan bersama-sama bertanggung jawab atas pekerjaan, sumber daya, dan transfer teknologi dalam lingkup perjanjian yang ditandatangani untuk memperluas pasar drone Turki.

General Manager TAI Temel Kotil mengatakan, “Kontrak yang kami buat dengan Pakistan dalam lingkup sistem UAV Anka kami akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi industri UAV. Akuisisi ini, terutama dengan Komisi Teknik dan Sains Nasional Pakistan, akan memperkuat UAV kami.”

UAV Anka dengan ketinggian menengah, daya tahan lama (MALE) melakukan penerbangan perdananya pada September 2016 dan memasuki produksi serial pada 2017.

Drone yang diproduksi secara lokal, saat ini digunakan secara aktif oleh Angkatan Bersenjata Turki (TSK), Komando Umum Gendarmerie dan Organisasi Intelijen Nasional (MIT).

Anka dapat bertahan di udara selama lebih dari 24 jam di ketinggian 30.000 kaki (9.144 meter) dengan kapasitas muatan 250 kilogram (550 pon).

Saat ini tersedia tiga tiga konfigurasi Anka. Pertama Anka-S yang memiliki kemampuan Beyond Line Of Sight (BLOS) melalui link satelit dan digunakan oleh unit TSK dan Gendarmerie.

Anka-I, merupakan konfigurasi yang melakukan kecerdasan sinyal, digunakan oleh MIT.

Pada Desember 2019, TAI telah membuka kantor pertamanya di Pakistan pada Taman Sains & Teknologi Nasional negara itu.

Sumber: Daily Sabah

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: