- Advertisement -
Internasional

Turki: Palestina, Yerusalem tetap jadi isu utama OKI

TURKINESIA.NET – MAKKAH. Isu Palestina dan Al-Quds, atau Yerusalem, akan selalu menjadi masalah utama bagi Organisasi Kerjasama Islam (OKI), kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

“Lima puluh tahun setelah berdirinya OKI kita masih dihadapkan pada tantangan yang kompleks untuk masa depan isu Palestina dan Al-Quds, yang merupakan alasan langsung mengapa kami mendirikan organisasi ini pada 1969,” kata Cavusoglu dalam pidatonya di KTT Islam ke-14 OKI.

Dia mengatakan solusi yang layak harus didasarkan pada resolusi PBB yang relevan dan parameter yang telah ditetapkan.

“Kami tidak akan menerima penulisan ulang sejarah, bertukar keadilan dengan manfaat ekonomi dan mengabaikan martabat dan legitimasi,” kata Cavusoglu.

Dia menuturkan bahwa setiap perjanjian damai yang tidak menawarkan pembentukan Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat, dalam batas-batas 1967, dengan Al-Quds Al-Sharif sebagai ibu kotanya, akan ditolak oleh komunitas OKI.

“Kami akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan umat dan Allah, jika kami gagal memberikan komitmen kami untuk tujuan Palestina dan Al-Quds,” tambah Cavusoglu. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: