Minggu, Agustus 14, 2022
Asia

Turki terus pertahankan dialog dengan berbagai pihak di Afghanistan

Turki kecam Yunani yang tolak akui mufti terpilih di Trakia Barat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki akan terus mempertahankan dialog dengan semua pihak di Afghanistan, termasuk Taliban, ungkap Menteri Luar Negeri Mevlüt Cavuşoğlu, Selasa.

Turki terus mendukung pembangunan ekonomi, perdamaian dan stabilitas Afghanistan, kata Cavuşoğlu pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Yordania, Ayman Safadi di Amman.

“Kami menyambut baik pesan positif yang diberikan oleh Taliban kepada orang asing, misi diplomatik, dan penduduk mereka sendiri. Saya harap kita akan melihat (pendekatan yang sama) dalam tindakan mereka,” kata Cavuşoğlu.

Diplomat tinggi Turki itu juga menyoroti bahwa Ankara telah membantu berbagai negara mengevakuasi warganya di Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai.

“Kami telah melihat dalam beberapa minggu terakhir bahwa Taliban telah maju dengan cepat di semua provinsi dengan keluarnya AS. Dengan Ashraf Ghani meninggalkan negara itu, kekosongan terjadi di Kabul dan Taliban memasuki Kabul. Mereka telah menguasai negara secara de facto,” tambah Çavuşoğlu.

Dia menjelaskan bahwa Turki bekerja sama dengan AS mengenai evakuasi di bandara yang akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang ketika keamanan dipastikan.

Menteri luar negeri juga mencatat bahwa Ankara akan membahas proses transisi di Afghanistan dan nasib keamanan bandara Kabul.

Pasukan Turki dan AS, selain mitra internasional, telah bekerja untuk membersihkan area terlarang Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai dari orang-orang yang memasuki lapangan bandara dengan memanjat tembok dan pagar.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Yordania mengatakan negaranya berharap untuk melihat pemerintah persatuan di Afghanistan.

“Kami berharap untuk melihat pemerintah persatuan di Afghanistan dengan pihak Afghanistan yang saling bersaing menyetujui mekanisme yang menjamin perdamaian dan stabilitas negara,” katanya.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: