Sabtu, Agustus 13, 2022
Teknologi

Turki ungkap harga “jet tempur pertama umat Islam” TF-X

Turki ungkap harga "jet tempur pertama umat Islam" TF-X - Turkinesia

Kepala Industri Dirgantara Turki (TAI) dalam sebuah wawancara TV pada hari Senin mengidentifikasi harga jet tempur Turki masa depan TF-X sebesar $ 100 juta atau lebih dari Rp1,4 triliun per unit.

Temel Kotil juga mengatakan TF-X, jet tempur produk Turki pertama yang sedang dibuat, akan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2025 dan rencananya akan memasuki inventaris Angkatan Udara Turki pada tahun 2029.

CEO TAI itu pernah menyebut pesawat tempur masa depan buatan Turki ini akan menjadi jet tempur pertama umat Islam.

TAI akan memproduksi dua pesawat TF-X per bulan dan berharap menghasilkan $ 2,4 miliar pendapatan tahunan dari program jet tempurnya.

Saat ini, kata Kotil, 1.000 dari 4.000 insinyur TAI sedang mengerjakan program TF-X.

Prototype Pesawat Tempur TFX akan dikeluarkan pada tahun 2023, terbang perdana pada tahun 2025 dengan mesin General Electric, dan mendapatkan mesin lokal pada tahun 2028-9, diproduksi massal sekitar tahun 2029-30.

Pesawat Tempur generasi ke 5 ini dilengkapi Fitur Stealth (anti radar), Radar AESA jarak jauh berbahan Gallium Nitride yang lebih canggih, Nozzle sembur jet Thrust Vectoring seperti punya Sukhoi Rusia yang menambah kelincahan, Rudal Udara buatan lokal dan konon Senjata Laser penangkis.

TFX juga bisa berkoordinasi dengan drone tempur jet yang akan dibuat Turki sehingga sama dengan fitur yang disematkan pada Pesawat tempur generasi ke 6. []

4.1 8 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: