Senin, Oktober 3, 2022
Amerika

Turki: Upaya kami bukan untuk dapat F-35, tapi mencari keadilan & ganti rugi

Turki: Upaya kami bukan untuk dapat F-35, tapi mencari keadilan & ganti rugi - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki tidak selalu bertujuan untuk kembali ke program jet tempur F-35, kata Kepala Direktorat Industri Pertahanan Turki, Rabu. Ismail Demir mengatakan tujuan utamanya adalah agar Turki mendapatkan kompensasi atas kerugiannya.

Ankara telah memesan lebih dari 100 F-35 dan telah membuat suku cadang untuk itu tetapi dihapus dari program pada 2019 setelah mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 Rusia yang menurut Washington mengancam jet tersebut. Ankara telah menolak kekhawatiran AS dan mengatakan penghapusannya dari program itu tidak adil.

Pada bulan Desember, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada Turki atas pembelian S-400. AS menargetkan industri pertahanan dan pejabat sektor atasnya. Ankara menyewa firma hukum AS Arnold & Porter untuk melobi agar diterima kembali dalam program tersebut.

Ketua Direktorat Industri Pertahanan Turki Ismail Demir mengatakan kepada penyiar NTV bahwa ada “kehilangan hak yang jelas” dan bahwa kontrak 6 bulan Ankara dengan Arnold & Porter ditujukan untuk mengidentifikasi langkah-langkah masa depan untuk membalikkan kerugian ini.

“Kami sedang tidak mood, seperti ayo kembali (dalam program jet tempur F-35), kami harus kembali. Kami mengatakan, ada ketidakadilan dan ketidakadilan ini perlu diperbaiki,” kata Demir.

“Tujuan dari semua upaya kami tidak selalu untuk kembali ke program, melainkan agar ketidakadilan terlihat dan diberikan kompensasi atas hak kami yang hilang,” tambahnya.

Meskipun Turki dikeluarkan dari program dan sanksi yang dikenakan pada industri pertahanannya, Pentagon mengatakan akan terus bergantung pada kontraktor Turki untuk suku cadang utama F-35.

Turki dan Amerika Serikat telah berselisih mengenai sejumlah masalah dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari S-400 dan implikasinya terhadap perbedaan dalam kebijakan Suriah.

Sumber: A News

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: