- Advertisement -
Internasional

Ucapan selamat terhadap Erdogan terus berdatangan dari berbagai pemimpin dunia

Turkinesia.net – Pesan ucapan selamat untuk kesuksesan pemilihan Presiden Recep Tayyip Erdoğan terus berdatangan dari seluruh dunia pada hari Selasa.

Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic mengucapkan selamat kepada Erdogan atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden dan parlemen hari Minggu.

Pernyataan tertulis dari kepresidenan Kroasia mengatakan Grabar-Kitarovic percaya bahwa Erdogan akan bekerja dengan tekun untuk masa depan dan stabilitas Turki selama masa kekuasaannya.

Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedov juga mengucapkan selamat kepada pemimpin Turki itu.

Dia mengatakan dalam pesan bahwa bangsa Turki telah menunjukkan dukungannya terhadap kebijakan Erdogan untuk memastikan stabilitas politik dan sosial serta pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga mengirim pesan ucapan selamat kepada Erdogan.

Abe menekankan bahwa ia berharap untuk bergabung dengan kekuatan Turki – yang telah memainkan peran penting di kawasan itu – untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran dunia.

Sekretaris Jenderal Dewan Eropa Thorbjorn Jagland juga mengirim surat ucapan selamat kepada Presiden Erdogan, Dewan mengatakan pada hari Selasa.

“Turki merupakan salah satu anggota terlama Dewan Eropa,” kata Jagland, menambahkan bahwa ia mempercayai Turki di tahun-tahun mendatang untuk “melakukan kerja sama lebih lanjut untuk menegakkan standar umum Eropa tentang hak asasi manusia, demokrasi dan aturan hukum untuk kepentingan semua warga Turki”.

Sejak pengumuman kemenangan Erdoğan dalam jajak pendapat pada hari Minggu, banyak pemimpin dunia dan tokoh terkemuka juga telah mengirim pesan atau surat atau meneleponnya untuk mengucapkan selamat kepada presiden Turki.

Menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK), pada hari Minggu Presiden Recep Tayyip Erdoğan memenangkan mayoritas mutlak dalam pemilihan presiden dengan 52,5 persen suara, sementara saingan terdekatnya berada di belakang pada 30,6 persen, dengan 99,9 persen kotak suara dibuka.

Baca juga  Sengketa Mediterania: Macron ajak dialog, begini respon Erdogan

Dalam jajak pendapat parlemen, Partai Aliansi Rakyat Gerakan Nasionalis (MHP) dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) memenangkan 53,6 persen suara, setelah 99,9 persen kotak suara dibuka.

Yeni Safak

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: