Jumat, Agustus 12, 2022
Eropa

Ukraina minta warganya berwisata ke Turki setelah Rusia berlakukan larangan perjalanan

Ukraina minta warganya berwisata ke Turki setelah Rusia berlakukan larangan perjalanan - Turkinesia

TURKINESIA.NET – KIEV. Setelah Rusia menangguhkan sebagian besar perjalanan udara ke Turki dengan alasan meningkatnya infeksi virus corona, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy telah meminta warganya untuk pergi berlibur ke Turki sebagai tanda dukungan.

Pernyataan Zelenskiy muncul setelah dia bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan di Ankara dan juga setelah Rusia pada hari Senin mengatakan bahwa mereka akan membatasi sebagian besar penerbangan charter dan reguler ke dan dari Turki dari 15 April hingga 1 Juni dalam sebuah langkah yang dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan politik atas dukungan Ankara untuk Ukraina.

Sebuah pernyataan dari Kepresidenan Ukraina mengatakan setelah pertemuan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Kamis, bahwa Zelenskiy mengatakan mereka berusaha untuk meningkatkan kegiatan pariwisata dan menunjukkan dukungannya untuk Turki

“Anda telah mendengar bahwa Rusia mengatakan mereka akan membatasi pariwisata dari Rusia ke Turki. Ini urusan pribadi mereka. Sebaliknya, saya pikir kita harus lebih meningkatkan pariwisata kita dan menunjukkan bahwa kita mendukung Turki,” kata presiden tersebut.

Pembatasan penerbangan Moskow dapat mengakibatkan penurunan sekitar 500.000 wisatawan, kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy pada hari Rabu. Ia menekankan tidak ada masalah dengan booking untuk musim panas.

Ersoy mengatakan tanggal larangan penerbangan berakhir dapat dimajukan tergantung pada penurunan jumlah kasus Covid-19.

Infeksi virus corona Turki telah melonjak selama beberapa pekan terakhir menjadi di atas 60.000, mendorong tindakan lockdown baru menjelang dimulainya musim pariwisata.

Rusia adalah sumber utama pariwisata Turki. Sekitar 2,1 juta orang Rusia tiba di negara itu tahun lalu meskipun ada pandemi.

Ukraina juga menjadi salah satu pasar terpenting karena sekitar 998.000 warga Ukraina tiba di Turki sepanjang tahun 2020.

Baca juga  Hamas: Turkilah yang membawa panji Al-Quds ke setiap forum internasional

Langkah itu juga dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas penumpukan militer Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina dan dilakukan dua hari setelah Erdogan bertemu Zelenskiy di Istanbul.

Erdoğan menyerukan diakhirinya situasi “mengkhawatirkan” di wilayah Donbass Ukraina timur dan menawarkan dukungan Ankara.

Zelenskiy Thursday berterima kasih kepada Erdogan atas dukungannya untuk kedaulatan Ukraina dan integritas teritorialnya.

Dia menekankan bahwa kedua pemimpin membahas “istilah khusus” untuk wisatawan kedua negara.

“Kami berbicara tentang meningkatkan arus turis Ukraina dan Turki. Apalagi sekarang, kami harus saling mendukung,” kata Zelenskiy.

Rusia kemudian mengatakan Turki dan negara lain seharusnya tidak memberi makan “sentimen perang” di Ukraina.

Turki tidak mengakui aneksasi Krimea dan mendukung integritas teritorial Ukraina. Turki juga menjual drone tempur ke Kyiv pada 2019. Setengah lusin telah dikirim.

Kremlin membantah adanya hubungan antara pembatasan penerbangan dan kunjungan Zelenskiy, dengan mengatakan langkah itu semata-mata terkait dengan situasi virus corona.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu Rabu mengatakan dia tidak percaya bahwa ada motivasi politik di balik keputusan Rusia itu.

“Putin sendiri memberi tahu Erdogan bahwa ini murni tindakan pencegahan terkait Covid-19. Mereka prihatin dengan kasus Covid-19 yang meningkat pesat,” ujarnya.

Menlu pada hari Kamis mengatakan Turki tidak memihak dalam konflik antara Ukraina dan Rusia dan mendukung resolusi diplomatik dari masalah tersebut.

Cavusoglu dan Menteri Kesehatan Fahrettin Koca keduanya mengatakan delegasi Rusia akan tiba di Turki untuk mengunjungi tujuan wisata dan memeriksa langkah-langkah keselamatan dan kesehatan.

Sumber: Daily Sabah

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: