Minggu, Agustus 14, 2022
Asia

Uzbekistan tembak jatuh pesawat militer Afghanistan yang kabur dari Taliban

Turki kecam Yunani yang tolak akui mufti terpilih di Trakia Barat - Turkinesia

TURKINESIA.NET – KABUL. Angkatan udara Uzbekistan menembak jatuh sebuah pesawat militer Afghanistan yang melarikan diri saat Taliban memasuki kota Kabul.

Pada Minggu malam, sebuah pesawat militer Afghanistan yang tidak disebutkan namanya jatuh di distrik Surxondaryo tenggara Uzbekistan, menurut outlet berita lokal Uzbekistan. Dua pilot pesawat selamat dari kecelakaan itu dan dikirim ke rumah sakit militer di provinsi Termez untuk perawatan.

Kemudian dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Uzbekistan menyatakan bahwa pasukan pertahanan udara mereka mencegat dan menembak jatuh pesawat militer Afghanistan yang melanggar wilayah udara mereka. Kementerian mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa dua pilot terlontar sebelum jet itu jatuh dan selamat.

Sementara itu, Tajikistan mengatakan sedikitnya 143 mantan tentara Afghanistan yang melarikan diri telah mendarat dengan tiga pesawat dan dua helikopter, lapor media lokal pada Senin.

Setidaknya 143 mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan melarikan diri ke Tajikistan dengan tiga pesawat dan dua helikopter, menurut Radio Ozodi Tajikistan.

Ketika pasukan Taliban menyerbu wilayah utara Afghanistan Mazar-i-Sharif pada hari Minggu, setidaknya 84 penjaga perbatasan Afghanistan dan mantan Wakil Presiden Marsekal Abdul Rashid Dostum melarikan diri ke Uzbekistan, media lokal Uzbekistan.

Presiden Sadyr Japarov dari Kirgistan mengeluarkan pernyataan pada hari Senin. Ia mengarahkan pihak berwenang untuk menghubungi dan bekerja sama dengan warga Kirgistan yang terdampar di Afghanistan serta membuat rencana untuk evakuasi awal mereka dari negara yang dilanda perang itu.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pada hari Senin bahwa 120 tentara Azeri ditempatkan dan bertugas bersama tentara Turki di Bandara Internasional Hamid Karzai untuk memberikan keamanan dan akan terus memenuhi tanggung jawab mereka.

Baca juga  Menlu Pakistan: Kami merasa sangat nyaman dengan Turki

Sumber: AA

3.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: