Sabtu, Agustus 20, 2022
Tokoh

Vecihi Hürkuş, pilot sekaligus pembuat pesawat Turki pertama

Vecihi Hürkuş, pilot sekaligus pembuat pesawat Turki pertama - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TOKOH. Vecihi Hürkuş merupakan pilot pertama sekaligus perancang dan pembuat pesawat lokal Turki. Perjalanan hidupnya sungguh menarik. Dia lahir di Istanbul. Berjuang selama Perang Dunia I dan terluka pada tahun 1916 dalam perjalanan di Baghdad dan setelah itu kembali ke Istanbul. Selanjutnya, ia bergabung dengan Tayyare Mektebi, sekolah penerbangan Ottoman. Segera setelah menerima sertifikat pilotnya, dia ditugaskan di Front Kaukasus pada tahun 1917, dia memulai misi pengeboman dan pengintaian melawan Rusia di mana ia memperoleh kehormatan sebagai pilot Turki pertama yang berhasil menjatuhkan pesawat musuh.

Pada tahun yang sama selama perang udara, pesawatnya terkena dan jatuh, tetapi dia membakar pesawat agar tidak jatuh ke tangan pasukan Rusia.

Dia ditangkap dan dibawa sebagai tawanan ke sebuah pulau di Laut Kaspia tetapi kemudian berhasil melarikan diri dari pulau Nargin ke Iran dengan berenang. Setelah melarikan diri, ia kembali ke Istanbul dan bergabung dengan skuadron pesawat tempur ke 9 pada tahun 1918. Ia merancang pesawat tempur tetapi tidak dapat menyelesaikan proyek karena persyaratan yang terkandung dalam Perjanjian Gencatan Senjata Montreux.

Pada 1920, dia merupakan orang pertama yang meluncurkan serangan pesawat terbang dalam Perang Kemerdekaan. Selama Perang Kemerdekaan Turki ia menembak jatuh pesawat Yunani. Dia melakukan penerbangan pertama sebagai pembuka serangan dan juga menjadi orang terakhir bertempur dalam perang itu juga.

Pada 1923, meskipun dengan banyak rintangan, dia mencapai prestasi luar biasa dengan membuat pesawat sendiri. Dia merancang dan membangun pesawat pertamanya dan beberapa pesawat lain di dalam pabrik penggergajian kayu yang telah ia sewa untuk tujuan itu. Dia menggunakan mesin pesawat terbang yang didapatkan selama Perang Dunia I untuk menyalakan pesawatnya. Dalam periode sekitar 14 bulan, di mana pesawat sepenuhnya dibuat secara lokal kecuali bagian mesin. Dia menamakan pesawat tersebut Vecihi K-VI.

Baca juga  Nene Hatun, wanita pengobar semangat perang rakyat Turki melawan invasi Rusia

Dia mengadopsi nama keluarga Hürkuş (“Freebird”) setelah Hukum Nama Keluarga 1934 dan mendirikan Hürkuş Havayollari (Freebird Airlines) pada tahun 1954.

Vecihi Hürkuş adalah penerbang paling terkenal di Turki. Berikut riwayat prestasi-prestasi luar biasanya:

  • membangun sebuah pesawat militer dari awal (1924 – Izmir – Vecihi K-VI, penerbangan pertama – 28 Januari 1925),
  • membangun speedboat (1930 – Kadıköy, Istanbul – Vecihi-SK-X)
  • membangun pesawat sipil (1930 – Kadıköy – Vecihi K-XIV)
  • mendirikan sekolah terbang sipil (21 April 1932 – V.S.T.M. Vecihi Sivil Tayyare Mektebi – Kadıköy),
  • membangun sebuah pesawat amfibi (1933 – Kadıköy, Vecihi S-XVI),
  • melatih penerbang wanita pertama Turki (1933 – Bedriye Bacı (Gökmen) Kadıköy, Istanbul)
  • membangun glider pertama negara (AS – 4 ve PS – 2), sambil memainkan peran penting dalam pembentukan Turkish Bird (1935-1936 – Etimesgut – Ankara),
  • menerima diploma di luar negeri dalam rekayasa pesawat terbang (27 Februari 1939 – Weimar Engineering School, Jerman),
  • membuat publikasi penerbangan yang didanai swasta (1948 – Kanatlılar Dergisi)
  • mendirikan perusahaan penerbangan swasta di Turki (29 November 1954 – 1960 Yeşilköy – Hürkuş Havayolları mengangkut penumpang dan kargo),
  • melakukan survei udara untuk Mining Research Institute (1961–1966).

Selama karir terbang yang membentang selama 52 tahun (1916-1967), Vecihi Hürkuş menerbangkan sebanyak 102 model pesawat yang berbeda dan menghabiskan 30.000 jam, yaitu, 3,4 tahun hidupnya di kokpit.

Pada tahun 1994, ia dihormati secara anumerta dengan Penghargaan Ulang Tahun ke-50 Organisasi Sipil Internasional (ICAO) (1944–1994) atas kontribusi yang cukup besar yang ia berikan pada bidang penerbangan sipil di Turki.

Selama Perang Kemerdekaan, Vecihi menikahi Hadiye, putri kepala polisi di Akşehir. Mereka memiliki dua anak perempuan, Gönül (Hürkuş Şarman) dan Sevim (Hürkus Maxson). Pada tahun 1925, ia menceraikan Hadiye dan menikahi kekasih masa kecilnya İhsan. Anak perempuan lain, Perran (Ülgen-Hürkuş), lahir pada tahun 1927.

Baca juga  PROFIL: Bekir Pakdemirli, Menteri Pertanian dan Kehutanan Turki

Pelatih turboprop TAI Hürkuş yang akan dibangun oleh Turkish Aerospace Industries diberi nama sebagai Vecihi Hürkuş.

Biografinya juga diangkat dalam sebuah film berjudul “Vecihi Hurkus”

Monumen dirinya terdapat di Kızıltoprak, Kadıköy Istanbul.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: