Jumat, Agustus 12, 2022
Wisata

Warga Kuskoy Turki selenggarakan festival bahasa burung

TURKINESIA.NET – GIRESUN. Desa Kuskoy (desa burung) di negara bagian Giresun (timur laut) pada hari Minggu (05/07) menyelenggarakan festival budaya dan seni bahasa burung yang telah digunakan oleh penduduk selama 5 abad.

Festival ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk melindungi Budaya Takbenda Warisan Manusia UNESCO.

Festival ini dihadiri oleh sejumlah besar warga dan pejabat Turki.

Sejak tahun 1997, Festival Bahasa Burung digelar setiap tahun di Kuskoy untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya ini.

“Bahasa burung” yang digunakan penduduk desa di sepanjang Laut Hitam di utara Turki masuk daftar UNESCO sebagai aset yang harus dijaga.

Menurut UNESCO, sekitar 10.000 warga lokal, kebanyakan dari distrik Canakci di provinsi Giresun, menggunakan dan mengerti bahasa itu.

Bahasa siulan itu awalnya berkembang dengan kebutuhan komunikasi warga setempat yang tinggal di wilayah berlembah itu, namun mulai jarang digunakan karena penggunaan telepon seluler yang makin lazim.

Selama 50 tahun, bahasa burung itu digunakan penduduk Trabzon, Rize, Ordu, Artvin, dan Bayburt.

[adinserter name=”Block 1″]

UNESCO mengatakan walaupun warga Canakci menyadari pentingnya bahasa itu, perkembangan teknologi dan emigrasi menyebabkan “penurunan dalam jumlah orang yang menggunakan bahasa siul dan wilayah yang menggunakannya”. [DS/AA]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: