Sabtu, Agustus 20, 2022
Eropa

Yunani terima jet tempur Rafale pertama buatan Prancis

Yunani terima jet tempur Rafale pertama buatan Prancis - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ATHENA. Yunani pada hari Rabu menerima unit perdana jet tempur Dassault Rafale Prancis sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani selama ketegangan yang meningkat di Mediterania Timur.

Setelah upacara di pusat uji penerbangan Dassault Aviation di Istres, Prancis, Menteri Pertahanan Yunani Nikos Panagiotopoulos mengatakan: “Pilihan untuk membeli jet tempur Prancis Rafale menggarisbawahi karakter strategis hubungan Yunani-Prancis dan dukungan penuh Prancis terhadap Yunani, sebelum tantangan dan ancaman.”

Enam bulan lalu Yunani menandatangani kesepakatan senilai 3,03 miliar USD dengan Prancis untuk pembelian 18 jet tempur Rafale buatan Dassault.

Dikutip dari indomiliter.com, sesuai kontrak, Yunani akan menerima 18 unit jet tempur Rafale, 12 unit di antaranya berstatus bekas pakai (10 kursi tunggal dan 2 kursi tandem), serta 6 unit Rafale dalam kondisi baru. Enam unit Rafale perdana akan dikirim ke Yunani pada tahun 2021, sementara enam yang baru akan dikirimkan pada musim semi 2022. Kemudian enam unit Rafale bekas terakhir diharapkan akan dikirim ke Yunani pada awal 2023.

Unit Rafale pertama yang diserahkan ke Yunani adalah varian tandem seat (Rafale B), sejenis dengan yang pernah menyabangi Jakarta pada tahun 2018 silam.

Bayang-bayang konflik bersenjata dengan Turki menjadi permintaan khusus agar pesanan Rafale dapat dikirimkan secepat mungkin (tuntas dalam dua tahun). Kontrak dukungan logistik tambahan akan mendukung aktivitas Rafale Yunani selama empat setengah tahun.

Terlepas dari kesulitan ekonomi, negara Mediterania itu menghabiskan 2,3% dari produk domestik bruto (PDB) untuk pertahanan pada 2019.

Sumber: Anadolu Agency English, indomiliter.com

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: