- Advertisement -
Internasional

AJI kutuk serangan rudal Israel ke kantor Anadolu Agency di Gaza

TURKINESIA.NET – JAKARTA.  Organisasi jurnalis di Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, mengutuk serangan rudal Israel terhadap kantor berita Anadolu Agency di Gaza.

Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan, mengatakan serangan itu tidak menghargai konvensi internasional yang menjadikan lembaga seperti rumah sakit, media dan organisasi kemanusiaan sebagai pihak yang tak terlibat konflik.

“Pihak yang tidak terlibat konflik tak boleh diserang,” tegas Manan, Minggu, kepada Anadolu Agency.

Manan menengarai Israel sengaja melakukan penyerangan itu, terkait aktivitas Anadolu Agency sebagai kantor berita yang rutin memberitakan serangan dan pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel ke Palestina.

Serangan itu, menurut Manan, sekaligus serangan terhadap kebebasan pers di Palestina.

“Ini akan memperburuk situasi di Palestina karena memperkecil kemungkinan media luar mengetahui apa yang terjadi di sana yang selama ini diberitakan cukup intens oleh Anadolu,” kata Manan

AJI, ujar Manan, mendesak komunitas internasional untuk menekan Israel agar segera menghentikan aksi kekerasan.

“Agar peristiwa serupa tak terulang di masa mendatang,” tambah Manan.

[adinserter name=”Block 1″]

Pesawat-pesawat tempur Israel menghantam gedung Anadolu Agency dengan setidaknya lima rudal setelah tembakan peringatan, lapor koresponden Anadolu Agency di Yerusalem.

Tak ada korban terluka atau tewas.

Serangan itu terjadi menyusul laporan soal dua tentara Israel yang terluka oleh tembakan di dekat zona penyangga Gaza-Israel pada Jumat.

Setidaknya empat warga Palestina tewas ketika pesawat-pesawat tempur Israel menyerang posisi Hamas di Jalur Gaza yang diblokade. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: