- Advertisement -
Teknologi

Analis Rusia puji pendirian Badan Antariksa Turki

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Analis politik Rusia telah memuji keputusan pemerintah Turki untuk menciptakan badan antariksa pertama di negara itu sebagai “strategis” dan “selaras dengan waktu”.

“Sistem satelit memainkan peran penting dalam menyediakan keamanan, komunikasi, navigasi, dan penelitian ilmiah. Banyak negara kini menggunakan sistem satelit negara lain, tetapi ini membuat mereka rentan. Oleh karena itu, keputusan Turki untuk membuat badan antariksa adalah strategis, selaras dengan waktu dan kepentingan nasional negara, “Yuri Mavashev, kepala penelitian politik dari Pusat Studi Turki Modern, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency pada hari Rabu.

“Untuk negara seperti Turki – negara dengan pengaruh politik dan ekonomi yang signifikan, didukung oleh kekuatan salah satu tentara terbaik di dunia – terjun ke dalam eksplorasi ruang angkasa adalah langkah yang logis. Realisasi program luar angkasa akan meningkatkan Kemungkinan Turki memperkuat posisinya sebagai salah satu pusat pengaruh global,” katanya.

Pada hari Selasa, Menteri Perindustrian dan Teknologi Turki Mustafa Varank mengumumkan bahwa badan antariksa Turki akan didirikan tahun ini. Dia mengatakan, badan itu akan mengatur sistem yang memastikan koordinasi di sektor kedirgantaraan sekaligus melindungi kepentingan nasional Turki.

Mantan diplomat dan komentator politik Vyacheslav Matuzov mengatakan program luar angkasa akan membantu Turki mengamankan perbatasan dan memerangi terorisme.

“Turki memiliki banyak sekali, katakanlah, negara-negara tetangga yang ‘sulit’. Sistem satelit yang mutakhir adalah yang terbaik untuk kendali jarak jauh di perbatasan dan mengungkap potensi ancaman. Baik satelit maupun pesawat tak berawak memiliki kelebihan, tetapi satelit tidak terlihat dan dapat mencapai daerah yang sulit diakses. Satelit dikenal karena penggunaannya yang luas dalam memerangi terorisme, yang dapat berguna bagi Turki, karena sayangnya, Turki diserang oleh teroris cukup sering, “katanya kepada Anadolu Agency.

Baca juga  Kementerian Pertahanan Turki produksi 10 juta masker per pekan

Matuzov juga mengatakan bahwa berada di kawasan yang sama dengan Israel pasti menjadi motif untuk mengembangkan program ruang angkasa.

“Turki dikenal sebagai pelindung utama Palestina. Turki tidak membiarkan negara-negara lain melupakan masalah Palestina dan menggerakkan negara-negara Arab untuk membela Palestina. Hal ini membuat Israel jengkel, tentu saja. Dan meskipun hubungan Turki dengan Israel moderat, akan lebih baik memiliki kesamaan dengan negara ini dalam segala hal,” katanya.

Anggota dari Akademi Antariksa Rusia Andrey Ionin menyebut eksplorasi ruang angkasa sebagai “kekuatan pendorong” dari bidang ilmiah lainnya.

“Pengaruh politik dan ekonomi penting, tetapi dasar dari pengaruh itu adalah pengembangan ilmiah. Dan sektor seperti antariksa dan nuklir adalah pemandu perkembangan tersebut,” katanya.

Ionic juga mengatakan program antariksa meningkatkan status negara-negara yang memilikinya.

“Ada juga istilah, sebuah negara antariksa, yang berarti negara itu cukup besar untuk mengatasi masalah rutin gravitasi dan melangkah ke masa depan antariksa,” katanya.

Sebelumnya, seorang angkasawan Rusia, Sergey Revin, dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency, menawarkan Turki untuk membuat modul sendiri di Stasiun Antariksa Internasional.

Selain itu, instruktur Viktor Suvorov dan Andrey Kuritsin bersama Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin Rusia mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pusat itu siap untuk mempersiapkan astronot Turki untuk pergi ke luar angkasa dan untuk mengembangkan program antariksa bersama dengan Turki.

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: