Friday, May 24, 2024
Internasional

AS kembali ancam Turki terkait pembelian rudal S-400 dari Rusia

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat sekali lagi telah memperingatkan Turki terhadap pembelian sistem pertahanan rudal anti-balistik S-400 Rusia. AS mengatakan tindakan semacam itu akan melawan “kebijakan” mereka.

“Ini bertentangan dengan kebijakan kami untuk memiliki sekutu NATO seperti Turki menggunakan sistem S-400. Bagian dari masalah dengan itu, adalah bahwa itu tidak dapat dioperasikan dengan sistem NATO lainnya, jadi kami menentang — memiliki beberapa mitra dan sekutu kami di seluruh dunia yang berpotensi membeli S-400,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert dalam sebuah pertemuan pers pada 23 Agustus.

Nauert ditanya apakah langkah Turki akan “memicu” sanksi sesuai dengan Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA) mengamanatkan pemerintah AS untuk menghukum entitas yang terlibat dalam transaksi signifikan dengan perusahaan-perusahaan sektor pertahanan Rusia.

“Saya tidak akan membahasnya. Tetapi kami telah membuat sangat jelas apa yang dapat memicu sanksi bagi negara dan entitas lain di seluruh dunia,” katanya.

Komentar Deplu AS muncul setelah eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport mengumumkan sistem pertahanan udara S-400 akan dikirimkan ke Turki lebih awal pada 2019.

“S-400 ke Turki. Kontrak tersebut dilaksanakan dalam batas waktu yang disepakati. Pada 2019 kami akan mulai menerapkan kontrak,” ungkap Alexander Mikheev, CEO Rosoboronexport seperti dikutip oleh agen Interfax Rusia pada 21 Agustus.

Turki dan Rusia telah menandatangani perjanjian tentang pengadaan rudal S-400. Pembayaran uang muka sebesar 2,5 miliar USD. Para pejabat Turki mengatakan sebelumnya sistem akan dikerahkan pada Juli 2019.

Keputusan Ankara untuk membeli sistem canggih Rusia telah lama menjadi masalah antara Turki dan sekutu-sekutunya, terutama dengan Amerika Serikat. Para ahli militer khawatir bahwa penempatan S-400 akan menempatkan keamanan sistem persenjataan sekutu, khususnya pesawat-pesawat F-35 dan fasilitas radar berada dalam bahaya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d