- Advertisement -
Bilateral

AS tangguhkan pengiriman jet tempur F-35 ke Turki

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan “pengiriman dan aktivitas” jet tempur F-35 terkait rencana Ankara untuk membeli sistem rudal S-400 dari Rusia.

“Kami sangat menyesalkan situasi saat ini mengenai kemitraan F-35 kami dengan Turki. Departemen Pertahanan mengambil langkah-langkah bijaksana untuk melindungi investasi teknologi kami,” kata juru bicara Pentagon dalam sebuah pernyataan.

“Jika Turki membeli S-400, partisipasi mereka dalam program F-35 berisiko,” tegas Charles Summers.

Setelah berulang kali mencoba membeli sistem pertahanan udara dari Amerika Serikat, Ankara akhirnya membeli S-400 Rusia pada 2017.

Ankara berencana membeli 100 pesawat tempur F-35 dan para pilotnya saat ini tengah menjalani pelatihan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona.

[adinserter block=”1″]

Washington telah memperingatkan bahwa sistem S-400 bisa saja secara diam-diam mendapatkan informasi penting tentang jet tempur F-35, termasuk jangkauan deteksi mereka, yang kemudian dapat diteruskan ke Rusia.

“AS telah menekankan bahwa akuisisi S-400 oleh Turki tidak dapat diterima,” kata Summers.

Turki pertama kali bergabung dengan Program F-35 pada 2002 dan telah menginvestasikan lebih dari USD1,25 miliar.

Perusahaan-perusahaan pertahanan Turki juga memfasilitasi program F-35 dengan memasok komponen-komponen utama, termasuk struktur badan pesawat.

[adinserter block=”1″]

Menurut Summers, saat ini Pentagon sedang mengembangkan komponen untuk menggantikan komponen F-35 yang diproduksi Turki.

Dua jet F-35 telah dikirim ke Turki dan saat ini berada di Pangkalan Angkatan Udara Luke. Jet-jet ini dijadwalkan akan ditransfer pada November tahun ini. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: