- Advertisement -
Internasional

ASEAN sambut hangat peningkatan hubungan dengan Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebagai Mitra Dialog Sektoral dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), hubungan Turki akhir-akhir ini telah meningkat dan disambut hangat oleh negara-negara anggota organisasi tersebut. Hubungan saat ini antara kedua belah pihak telah dipuji oleh Ketua Komite ASEAN Ankara (AAC) Phantipha Iamsudha Ekarohit.

“Meskipun sudah ada hubungan dan kerja sama yang erat, masih ada lebih banyak ruang untuk perbaikan, seperti yang selalu ada, dan AAC ingin bekerja sama dengan mitra Turki kami serta jaringan kami di sektor swasta, sektor akademik serta media untuk lebih meningkatkan dan memperkuat hubungan antara Turki dan ASEAN, “Phantipha Iamsudha Ekarohit, Duta Besar Kerajaan Thailand mengatakan dalam kapasitas AAC kemarin selama Upacara Pengibaran Bendera ASEAN yang diadakan di Kediaman Duta Besar Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Turki Departemen Urusan Asia-Pasifik, Namık Güner Erpul. Guner mengatakan bahwa Turki menjadi mitra dialog sektoral tahun lalu dan ia menambahkan bahwa kedua pihak akan mendapat manfaat dari “win-win solution” ini.

Dia menggarisbawahi bahwa hubungan dengan anggota ASEAN meningkat karena Turki telah membuka kedutaan dan perwakilan di semua ibukota ASEAN.

Turki menghadiri pertemuan antara Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 yang diselenggarakan oleh Singapura sebagai Mitra Dialog Sektoral untuk pertama kalinya pada tanggal 1-4 Agustus. Pertemuan para Menteri Trilateral ASEAN-Turki yang pertama juga diadakan.

“Kekuatan ASEAN berasal dari keragaman kami, tetapi saya percaya kekuatan hubungan antara ASEAN dan Turki terletak pada komplementaritas, dan ketika orang-orang kami belajar lebih banyak tentang satu sama lain, kami akan semakin kuat untuk bangkit demi meningkatkan hubungan untuk sebuah kemajuan, “Ekarohit menyoroti.

Baca juga  Putra Mahkota Saudi akui bertanggung jawab dalam pembunuhan Khashoggi

Menurut Kementerian Luar Negeri Turki, “tujuan pokok” Ankara mengembangkan hubungan dengan ASEAN adalah untuk mencapai kemitraan dialog. Kemitraan dialog sektoral dengan ASEAN dapat berpotensi membantu Turki mencapai sasaran angka perdagangannya dalam kerangka visi 2023.

Meskipun tidak mungkin bagi negara-negara yang terletak di luar Asia Tenggara untuk menjadi anggota penuh ASEAN, Turki bertujuan untuk membentuk kemitraan dialog, status kelembagaan tertinggi dari ikatan dengan asosiasi untuk nonanggota. Selain Turki, Kazakhstan, Meksiko, Brasil, Sri Lanka dan Mongolia juga telah diterapkan untuk menjadi mitra dialog dengan ASEAN. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: