Jumat, Agustus 12, 2022
Teknologi

Baykar rilis desain pesawat tempur nirawak, sebut sebagai hadiah Iduladha untuk umat Islam

Baykar rilis desain pesawat tempur nirawak, sebut sebagai hadiah Iduladha untuk umat Islam - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebuah perusahaan pertahanan Turki pada 20 Juli merilis gambar desain konseptual untuk sistem pesawat tempur tak berawak atau Combat Unmanned Aircraft System (MIUS).

Gambar-gambar itu dirilis oleh perusahaan BaykaR bertepatan dengan hari pertama Idul Adha.

Dalam sebuah postingan yang dibuat di akun Twitter Baykar, mereka mengatakan, “kami membagikan gambar desain konseptual proyek Combat Unmanned Aircraft System (#MIUS) kami untuk pertama kalinya. Kami berharap negara kami dan seluruh dunia Muslim sehat dan bahagia #selamatiedadha. #MilliTeknolojiHamlesi (Langkah Teknologi Nasional)”

Baykar, didirikan pada tahun 1984, memproduksi drone bersenjata dan tidak bersenjata, sistem kontrol, simulator, dan sistem avionik.

Pemimpin Teknologi Baykar, Selçuk Bayraktar, juga membagikan video tersebut di akun Twitter-nya pada 17 Juli.

MIUS dapat diterbangkan dari LHD/Kapal Induk Ringan Anadolu yang sedang dibangun Turki. Jet tempur ini dibekali radar AESA GaN dan Rudal kecepatan tinggi bermesin Ramjet jarak jauh, GOKhan (Raja Angkasa) serta rudal kecil penangkis rudal, Akdogan (konsep pelindung baru).

Meski dikategorikan pesawat tempur ringan namun dengan fitur semi Stealth, Manuver lincah dan sensor serta rudal yang dibawa adalah “Game Changer” yang dapat mengubah konsep pertempuran dimasa depan. Baru Turki yang mempunyai konsep ini. Sementara Konsep negara lain yang terdekat adalah drone jet “Loyal Wingman” dari Boeing Australia. Namun Drone Loyal Wingman tidak mempunyai radar jarak jauh seperti MIUS dan sepertinya tidak dikhususkan untuk pertempuran udara.

Sumber: TRT, AA, Sahabat Erdogan

4.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: