Senin, September 26, 2022
Humanitarian

Berton-ton Bantuan kemanusiaan Turki untuk Lebanon tiba

Bantuan kemanusiaan Turki untuk Lebanon
Bantuan kemanusiaan Turki untuk Lebanon

TURKINESIA.NET, ANKARA – Bantuan kemanusiaan Turki untuk Lebanon yang sedang berjuang menghadapi krisis ekonomi kembali tiba. Pejabat Turki dan Lebanon berkumpul di gudang medis di Universitas Lebanon saat peralatan dan obat-obatan diserahkan kepada pihak berwenang Lebanon dalam sebuah upacara.

Upacara tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad, Duta Besar Turki di Beirut Ali Barış Ulusoy dan Orhan Aydın, koordinator Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) Lebanon, lembaga yang mengawasi pengiriman bantuan.

Abiad mengungkapkan rasa terima kasih negaranya kepada rakyat dan pemerintah Turki. Ia menegaskan bahwa itu bukan pertolongan pertama yang diberikan Turki kepada Lebanon.

Menteri Lebanon itu juga menekankan bahwa sebuah rumah sakit yang dibangun oleh Turki di Sidon (Saida), yang menelan biaya lebih dari $20 juta, akan dibuka sebagian pada bulan September.

Duta Besar Turki di Beirut Ali Barış Ulusoy mengatakan pada upacara itu bahwa pengiriman hari Selasa adalah “langkah konkret sikap Turki dengan rakyat Lebanon.”

Dia menambahkan bahwa pengiriman bantuan dipercepat setelah kunjungan Perdana Menteri Najib Mikati ke Ankara pada bulan Februari.

Sejak akhir 2019, Lebanon telah bergulat dengan krisis ekonomi yang parah, termasuk depresiasi mata uang besar-besaran serta kekurangan bahan bakar dan medis. Mata uang Lebanon telah kehilangan lebih dari 90% nilainya sejak 2019, sementara harga obat-obatan telah naik empat kali lipat, menurut laporan Amnesty International dari Desember 2021.

Pada bulan September, PBB memperingatkan bahwa perawatan kesehatan di luar jangkauan untuk 33% rumah tangga di Lebanon. Lebih dari separuhnya tidak dapat memperoleh obat baik karena terlalu mahal atau tidak lagi tersedia di apotek.

Beberapa minggu kemudian, pemerintah Lebanon yang kekurangan uang mencabut subsidi pada sebagian besar obat – termasuk untuk mengobati penyakit kronis termasuk kanker – mendorong harga naik lebih jauh.

Baca juga  Bulan Sabit Merah Turki bantu 385.000 yatim di 15 negara dalam 25 tahun terakhir

Tripoli, khususnya, telah terpukul keras oleh pusaran keuangan. Kota pelabuhan itu menduduki peringkat termiskin di Mediterania oleh PBB bahkan sebelum krisis dimulai.

Pada bulan April, Turki mengirim 58 truk bantuan kemanusiaan melalui kapal ke Lebanon, terutama bahan makanan, setelah hampir 600 ton bantuan pada bulan Maret. Pada 2015, Ankara memasukkan Beirut dalam Program Bantuan Militer Asing Turki.

Turki telah lama mendukung upaya kemanusiaan untuk Lebanon. Setelah perang tahun 2006 antara Lebanon dan Israel,Turki mentransfer bantuan kemanusiaan senilai $20 juta melalui organisasi non-pemerintah (LSM) ke negara tersebut.

Ankara juga memainkan peran kunci dalam membangun sekolah baru. Bulan Sabit Merah Turki (Kızılay) telah mendirikan 37 sekolah prefabrikasi, sementara Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) telah melakukan pembangunan 20 sekolah lainnya. TIKA telah aktif di Lebanon sejak membuka kantor di sana pada tahun 2014 dan telah menjalankan beberapa proyek di bidang pendidikan dan kesehatan, serta pekerjaan restorasi untuk situs bersejarah.

Turki adalah salah satu negara pertama yang datang membantu Lebanon setelah perang tahun 2006. Selama konferensi donor Stockholm tahun 2006 setelah perang dan konferensi donor Paris III yang diadakan pada tahun 2007, Turki menjanjikan bantuan sebesar $30 juta untuk negara tersebut.

Turki dan Lebanon, yang hubungannya berawal pada masa Ottoman, memperkuat hubungan mereka setelah berakhirnya perang saudara Lebanon, terutama setelah kunjungan mendiang Perdana Menteri Rafik Hariri ke Turki pada tahun 2004.

Selama perang Lebanon-Israel, Turki bekerja untuk menetapkan gencatan senjata. Turki juga berkontribusi pada United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), misi penjaga perdamaian dan pemantauan.

Sumber: Daily Sabah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: