Thursday, June 13, 2024
Teknologi

Covid-19: Rumah sakit Istanbul mulai gunakan robot untuk layani pasien corona

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Sebuah robot telah mulai melayani pasien coronavirus di sebuah rumah sakit di Istanbul sebagai bagian dari langkah-langkah yang bertujuan melindungi tenaga profesional kesehatan dari pandemi.

Sebelum digunakan di Rumah Sakit Sekolah Medis Universitas Istanbul, serangkaian tes telah dijalankan pada robot yang dikembangkan bersama oleh Laboratorium Desain Industri dan Medis 3D Universitas Istanbul dan Universitas Teknis Yildik.

Robot yang dioperasikan melalui aplikasi, menyajikan obat-obatan, makanan dan minuman untuk pasien yang menerima perawatan coronavirus di rumah sakit.

Penggunaan robot akan meminimalkan kontak fisik petugas kesehatan dengan pasien.

“Tenaga kesehatan bekerja 24/7 dan mereka menghadapi risiko besar karena pandemi. Petugas kesehatan banyak yang sakit,” kata Leyla Türker Şener, pendiri laboratorium.

“Kami bertanya-tanya bagaimana kami bisa membantu mereka. Kami pertama-tama fokus pada pembuatan masker dan kemudian pada pengembangan robot yang dapat mengirimkan makanan, obat-obatan, dan minuman kepada pasien. Kami mengembangkan robot dalam waktu seminggu,” tambahnya.

Sudah ada pesanan 10 robot lagi, menurut Şener.

“Kami berhubungan dengan industrialis dan sponsor kami untuk menghasilkan 10 robot lagi.”

Dia menjelaskan bahwa aplikasi seluler membantu staf mengirim perintah ke robot.

“Kami juga berupaya mengembangkan versi lanjutan yang dilengkapi dengan sistem videophone yang memungkinkan dokter dan pasien berkomunikasi,” kata Şener.

Sener mendesak semua orang untuk tinggal di rumah demi melindungi diri mereka sendiri dan petugas kesehatan.

Sumber: Hurriyet Daily News

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d