- Advertisement -
Humanitarian

Dalam 6 bulan, TIKA Turki telah lakukan 20 proyek di Afrika

TURKINESIA.NET – Badan bantuan Turki telah melakukan pekerjaan yang baik di berbagai bidang di Afrika Selatan, dari pendidikan hingga kesehatan dan dari seni hingga olahraga.

Lebih dari 20 proyek telah direalisasikan dalam enam bulan terakhir, Mehmet Akif Sekerci, koordinator Badan Kerjasama dan Pengembangan Internasional Turki (TIKA) di Afrika Selatan, mengatakan kepada Anadolu Agency.

Proyek-proyek itu dilakukan oleh Kantor Koordinasi milik TIKA yang berpusat di Pretoria. Proyek-proyek dilaksanakan di provinsi Pretoria, Johannesburg, dan Cape Town, serta Lesotho dan Swaziland di Afrika bagian selatan, kata Sekerci.

“Kami bertujuan untuk mendukung pengembangan sektor kesehatan Afrika Selatan dengan strategi utama seperti membangun rumah sakit dan klinik serta kerjasama teknis dalam perawatan kesehatan,” katanya.

Dia juga mengatakan proyek untuk dukungan peralatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan vaksin dan obat-obatan serta dukungan pendidikan bagi ahli medis sedang berlangsung.

Sekerci mengatakan bahwa TIKA telah aktif di 170 negara dengan 60 kantor koordinasi, termasuk 22 di Afrika. Demikianlah cara TIKA mencoba menyebarkan kebijaksanaan, warisan dan budaya Anatolia di seluruh dunia, ujar Sekerci.

 

– Mempromosikan pendidikan dan budaya

“Kami telah memenuhi kebutuhan renovasi dan peralatan Pusat Perawatan Anak Mohau yang merawat anak-anak yatim dan anak-anak yang terinfeksi HIV,” kata Sekerci.

Menyoroti upaya TIKA dalam pendidikan, Sekerci mengatakan: “Kami membangun ruang kelas baru untuk anak-anak prasekolah di Pretoria.”

“Kami sedang menyiapkan perpustakaan di Johannesburg dan kami juga bekerja sebagai mitra kampanye ‘baca untuk memimpin’ secara nasional dan kami bekerja sama erat dengan Kementerian Pendidikan Dasar Afrika Selatan untuk merealisasikan lebih banyak proyek, terutama di daerah dengan pendapatan rendah (miskin, Red).”

Dia menambahkan bahwa TIKA melaksanakan proyek-proyek yang mendukung budaya dan olahraga di negara ini, dengan – misalnya – merenovasi Museum Bo Kaap di Cape Town dan membangun fasilitas klub baru serta memasok peralatan olahraga.

Baca juga  Delegasi Turki kunjungi kamp Rohingya di Bangladesh

“Untuk semua proyek ini, TIKA tidak mengharapkan apa pun kecuali memperkuat persaudaraan dan kerja sama antara kedua negara kami,” kata Sekerci.

 

– Kursus Bencana dan Darurat di Sudan

Sebagai bagian dari kegiatan TIKA di Afrika, agensi ini telah menyelesaikan tahap ketiga pelatihan Manajemen Bencana dan Darurat yang dilakukan dengan dukungan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Pusat Penelitian dan Pelatihan Ekonomi dan Sosial Statistik untuk Negara-negara Islam (SESRIC), serta kementerian kesehatan Turki dan Sudan.

Menurut pernyataan TIKA, peserta dalam program ini termasuk 33 peserta dari berbagai kota di Sudan dan 14 calon pelatih.

Personil medis Sudan serta para ahli Turki juga berkontribusi pada program tersebut.

 

Yeni Safak

https://www.yenisafak.com/en/world/twenty-turkish-aid-projects-in-last-6-months-in-safrica-3437348

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: