- Advertisement -
Internasional

Dibakar OTK, masjid Turki di AS rusak parah

TURKINESIA.NET – CONNECTICUT. Serangan pembakaran terhadap sebuah masjid terjadi di akhir pekan di negara bagian Connecticut AS, telah menyebabkan “kerusakan besar-besaran,” kata sebuah badan resmi Turki Senin [13/05].

Dalam sebuah pernyataan, Atase Layanan Agama dari Konsulat Jenderal Turki di New York mengatakan penyelidikan sedang dilakukan terhadap kebakaran di Masjid Diyanet di kota New Haven dan upaya terus dilakukan untuk menangkap para pelaku.

Kebakaran terjadi sekitar jam 4 sore. Minggu, hari ketujuh Ramadhan, bulan suci di mana umat Islam berpuasa dan berdoa.

Hadiah hingga $ 2.500 telah ditawarkan untuk informasi apa pun yang mengarah pada penangkapan atau hukuman pelaku, menurut pejabat.

Pernyataan itu mengatakan api dimulai di pintu masuk masjid dan mencapai lantai tiga melalui sisi luar bangunan.

“Tidak ada korban jiwa atau cedera dalam kebakaran itu, tetapi dipastikan bahwa masjid tersebut telah mengalami kerusakan skala besar. Berton-ton air yang digunakan untuk memadamkan api [juga] menyebabkan kerusakan pada bagian bangunan yang tidak terbakar,” katanya.

Insiden itu membuat sedih komunitas Turki di Amerika Serikat, terutama di New Haven, lanjut pernyataan tersebut.

[adinserter block=”1″]

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyebut pembakaran itu “keji” dan mengatakan para pelaku harus diidentifikasi dan “dihukum dengan cepat”.

“Pembakaran di Masjid Diyanet di #NewHaven selama bulan Ramadhan adalah contoh lain dari meningkatnya #Islamophobia di dunia. Tidak ada korban jiwa adalah satu-satunya pelipur lara bagi kami,” kata Cavusoglu.

Menteri tersebut juga menyerukan sikap bersatu melawan Islamofobia dan rasisme.

Juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan Turki (AK) Omer Celik juga bereaksi terhadap serangan itu dalam sebuah tweet pada hari Selasa yang mengatakan kebencian tidak memiliki batas.

Baca juga  Media Malaysia tak puas dengan penanganan kasus Khashoggi

[adinserter block=”1″]

Celik mengatakan ideologi kebencian saat ini menargetkan masjid, tetapi secara bertahap akan menyebar ke semua tempat suci.

“Mereka yang memperlakukan Islam sebagai musuh, meracuni semua nilai kemanusiaan,” tegasnya. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: