- Advertisement -
Ekonomi

Ekspor anggur segar Turki meningkat 43 persen tahun 2018

TURKINESIA.NET – ANKARA. Ketua Asosiasi Pengawas Buah Segar dan Sayur Sayuran, Hayrettin Uçak mengatakan bahwa ekspor anggur segar Turki melonjak sebesar 43 persen dari 1 Juni hingga 15 Agustus, menambahkan bahwa kenaikan ini akan berlanjut sampai akhir musim.

Turki mengekspor 61.019 ton anggur segar pada periode ini, menghasilkan keuntungan sekitar 40.26 juta USD.

Menurut pernyataan Asosiasi Eksportir Aegean, anggur tanpa biji menduduki peringkat pertama dalam ekspor di antara jenis anggur segar lainnya dengan keuntungan 16,65 juta USD, diikuti oleh anggur unggul dengan 5,6 juta USD dan anggur mutiara Yalova dengan 2,21 juta USD.

Rusia mengambil bagian terbesar dari ekspor anggur segar Turki dengan 12 juta USD, kata Uçak, “Berkat pertemuan pertukaran pendapat yang diadakan, kami telah mencapai sinergi yang baik dengan produsen, pedagang dan eksportir kami. Berkat sinergi ini, kami telah mencapai ekspor meningkatkan semua produk.”

Menurut Uçak, Asosiasi Ekspor Buah-buahan dan Sayuran Segar, ekspor sayur dan buah-buahan segar tahun lalu melonjak menjadi 197 juta USD dari sebelumnya hanya 145 juta USD, sebuah angka pertumbuhan mencapai 36 persen. “Target kami adalah mempertahankan pertumbuhan ini mencapai 250 juta USD,” tambahnya.

Setelah Rusia, diikuti kemudian oleh Jerman dengan 2,2 juta USD dan Ukraina dengan 2 juta USD dalam ekspor anggur segar.

Turki mengekspor 36.411 ton anggur segar pada periode yang sama musim 2016-2017, menghasilkan 28,13 juta USD. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: