Saturday, April 13, 2024
Bilateral

Erdogan: Ada yang risih dengan keberadaan Turki di Balkan

Turkinesia.net – Sarajevo. Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan pada Minggu, 20 Mei 2018, menyampaikan bahwa ada pihak yang merasa risih dengan terjalinnya kerja sama yang kuat dan erat antara Turki dan negara-negara Balkan.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidato saat menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Internasional Sarajevo (IUS) di ibukota Bosnia.

“Tentunya, ada yang risih oleh kerja sama yang kuat dan erat antara Turki dan negara-negara Balkan. Mereka mencoba mempertanyakan keberadaan Turki di Balkan tanpa melihat masa lalu mereka sendiri atau kedalaman hubungan mereka. Turki juga merupakan negara Balkan. Kami memiliki sejarah ratusan tahun di negara-negara ini.”

Menyoroti hubungan baik antara Turki dan Bosnia-Herzegovina, Presiden Erdoğan menggarisbawahi bahwa mereka akan meningkatkan hubungan lebih lanjut.

Erdogan menggarisbawahi bahwa Turki akan terus merangkul orang Serbia, Kroasia, Makedonia dan Bosnia, Presiden Erdoğan mengatakan: “Kami semua akan bersama-sama membangun semangat Balkan yang mendapatkan kekuatannya dari perbedaan.”

elama kunjungannya ke Bosnia-Herzegovina, Erdogan mengadakan pertemuan empat mata dan pembicaraan antar-delegasi dengan Bakir Izetbegovic, Anggota Kepresidenan Bosnia-Herzegovina. Erdogan juga membahas hubungan bilateral Turki dengan Bosnia, perkembangan terakhir di Balkan serta masalah regional dan internasional.

Erdogan juga menghadiri sidang umum keenam Persatuan Warga Turki di Eropa (UETD), di mana Erdogan menggelar perkumpulan massa hari Minggu untuk memobilisasi pemilih ekspatriat menjelang pemilihan umum pada 24 Juni.

Diperkirakan sekitar 20.000 pendukung dari seluruh Eropa, separuh dari mereka dari Jerman hadir ke tempat olahraga terbesar di Sarajevo, Zetra.

Jumlah pemilih Turki di seluruh Eropa lebih dari 3 juta.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d