- Advertisement -
Politik

Erdogan akan dilantik pekan depan

Turkinesia.net – Ankara. Presiden Recep Tayyip Erdoğan akan dilantik minggu depan untuk memulai masa jabatannya sebagai presiden pertama Turki dengan kekuasaan eksekutif. Sementara kabinet baru juga akan diumumkan pada hari yang sama.

Erdoğan akan menghadiri upacara pengambilan sumpah di Parlemen pada hari Senin jam 4:00 sore waktu setempat. Erdoğan kemudian akan menghadiri seremonial peralihan ke sistem presidensial di Kompleks Istana Kepresidenan Beştepe di Ankara.

Kabinet kepresidenan baru juga akan diumumkan Senin sore.

Sementara itu, keputusan pertama peralihan beberapa kekuasaan eksekutif kepada Presiden Erdogan dikeluarkan pada Rabu.

Keputusan yang dikeluarkan dalam Lembaran Negara resmi akan membawa perubahan dalam sekitar 5.000 undang-undang yang berasal dari tahun 1924 hingga 2017 yang mengubah referensi dari perdana menteri dan kabinet menteri kepada presiden dan kantor kepresidenan.

Para pemilih Turki menyetujui peralihan dari sistem kabinet parlementer menjadi presiden eksekutif – diusulkan oleh Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (Partai AK) dan didukung oleh Partai Gerakan Nasionalis (MHP) – dalam referendum pada 16 April 2017 dengan 51,4 persen suara. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: