- Advertisement -
Internasional

Erdogan: Dunia internasional bertanggung jawab ungkap kasus Khashoggi dan Mursi

TURKINESIA.NET – OSAKA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa masyarakat internasional memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan semua aspek pembunuhan jurnalis dan kritikus terkemuka Saudi, Jamal Khashoggi, yang dibunuh di Istanbul.

“Mengadili pelaku pembunuhan Khashoggi, dari tingkat atas ke bawah, adalah tugas utama masyarakat internasional,” kata Erdogan dalam pidatonya.

Pernyataan tersebut disampaikan pada konferensi pers di INTEX Osaka International Exhibition Center dalam rangka pertemuan para pemimpin G20 yang diadakan di Jepang.

“Kejahatan itu dilakukan di Istanbul, persidangan harus dilakukan di Turki,” Erdogan menegaskan.

Pembunuhan Jamal Khashoggi terjadi dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Tim eksekutor diyakini bertindak atas perintah Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman (MBS).

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed bin Salman harus mengungkap para pembunuh Khashoggi, katanya, seraya menambahkan bahwa beberapa aspek pembunuhan masih disembunyikan.

“15 orang yang dikirim ke Turki adalah pelaku pembunuhan Khashoggi, dan MBS [Putra Mahkota Muhammad Bin Salman] adalah orang pertama yang harus mengungkapkan [kebenaran] di balik insiden ini,” katanya.

[adinserter block="1"]

Erdogan juga mengatakan “tidak ada gunanya mencari pelaku di tempat lain” karena terbukti bahwa tim yang terdiri dari 15 orang yang tiba di Istanbul sebelum pembunuhan, bertanggung jawab atas kejahatan tersebut.

Presiden Turki tersebut menggarisbawahi bahwa media internasional harus lebih banyak membahas kasus ini.

Erdogan mengatakan unit intelijen Turki telah memberikan rekaman terkait dengan pembunuhan Khashoggi kepada rekan-rekan Saudi.

Tubuh Khashoggi belum ditemukan, dan Kerajaan tersebut tetap diam mengenai keberadaannya.

Dalam laporannya, Pelapor Khusus PBB Agnes Callamard mengatakan pembunuhan Jamal Khashoggi “merupakan pembunuhan di luar proses hukum” di mana “Arab Saudi bertanggung jawab.”

[adinserter block="1"]

Dalam sesi terpisah saat bertemu Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menghindari pertanyaan mengenai Khashoggi selama pertemuannya dengan Erdogan. Tetapi ketika ditanya dalam sesi pidato penutupan, ia mengatakan dia ‘sangat marah tentang semua itu’.

Baca juga  Putra Mahkota Arab Saudi bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi

Namun, Trump melanjutkan retorikanya bahwa “Arab Saudi adalah sekutu yang hebat” dan mengisyaratkan tidak akan ada tindakan terhadap MBS atau kerajaan Saudi.

Terkait kematian Presiden Mesir Muhammad Mursi, Erdogan mengatakan bahwa semua aspek kematian Presiden Mesir Mohammed Morsi juga harus diselidiki. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: