Tuesday, March 5, 2024
Internasional

Erdogan kunjungi pusat operasi Afrin di Hatay

TURKINESIA.NET – HATAY. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Kamis mengunjungi dan memeriksa unit militer Turki di provinsi Hatay selatan yang berbatasan dengan provinsi Afrika barat laut Suriah, karena Operasi Cabang Zaitun yang menargetkan teroris PKK / PYD / YPG dan Daesh di wilayah Afrin terus berlanjut.

Erdoğan, didampingi oleh Kepala Staf Umum Hulusi Akar, mengunjungi tempat operasi pada hari keenam operasi kontra-teror Afrin yang sedang berlangsung.

Wakil Perdana Menteri Bekir Bozdağ, Menteri Pertahanan Nurettin Canikli dan Panglima Angkatan Darat Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Yaşar Güler juga hadir dalam kunjungan high-profile tersebut.

Karena kunjungan mengejutkan Presiden ke Hatay, pertemuan yang direncanakan sebelumnya antara Erdoğan dan Perdana Menteri Binali Yıldırım ditunda, kata sumber media.

Menurut Staf Umum Turki, Operation Olive Branch bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan di wilayah tersebut, serta untuk melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut sedang dilakukan di bawah kerangka hak Turki dalam hukum internasional, U.N. resolusi Dewan Keamanan, hak untuk membela diri berdasarkan piagam U.N. dan menghormati integritas teritorial Suriah, katanya.

Militer juga mengatakan “sangat penting” ditempatkan untuk tidak merugikan warga sipil manapun.

Operasi di provinsi Hatay dan Kilis di Afrika – diperkirakan luas setelah Operasi Perisai Euphrates Turki di Suriah utara, yang membersihkan teroris Daesh dari perbatasan Turki antara 24 Agustus 2016, dan Maret 2017.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi YPG / PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Assad di Suriah meninggalkan kota ke kelompok teror tanpa melakukan perlawanan. [Daily Sabah]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d