- Advertisement -
Internasional

Erdogan: Negara Muslim jangan jatuh ke perangkap Barat

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Recep Tayyip Erdoğan mendesak para pemimpin dari negara-negara Muslim untuk bersatu dalam menghadapi tantangan regional dan pihak yang bertujuan untuk menghasut perpecahan serta konflik di antara mereka.

Pernyataan tersebut disampaikan di hadapan anggota Komite Tetap untuk Kerjasama Ekonomi dan Komersial dari Sidang Menteri Ke-34 Kerja Sama Organisasi Islam (COMCEC), di Istanbul (28/11).

“Kita seharusnya tidak membangun perbatasan dan tembok baru dalam jiwa kita di wilayah yang perbatasannya berlumuran darah. Muslim seharusnya tidak lagi dibodohi oleh orang-orang yang mencoba untuk menghasut perbedaan mereka dan menentukan mereka satu sama lain,” kata Erdogan

Para pemimpin dunia Muslim sering menuai kritikan kareka terlibat konflik antar sesame. Sebagian besar konflik tersebut karena aliansi kekuasaan regional yang dibentuk oleh kekuatan Barat. Khususnya, kepentingan Barat atas sumber daya regional seperti gas dan minyak, telah membuat rezim politik negara-negara Islam lemah dan mengikuti kehendak kekuatan Barat demi pemeliharaan dan perlindungan rezim masing-masing dalam menghadapi para saingan.

“Saya ingin mengatakan dengan jelas bahwa alasan mendasar di balik sebagian besar krisis, ketegangan, pertumpahan darah dan air mata yang kita saksikan, dari Suriah hingga Irak, dari Yaman hingga Palestina, adalah rancangan yang bekerja untuk Perang Besar [Perang Dunia I],” Kata Erdogan, mengacu pada apa yang telah dikenal sebagai perjanjian Sykes-Picot, sebuah perjanjian rahasia tahun 1916 yang ditandatangani oleh Kerajaan Inggris dan Perancis yang membagi wilayah Turki Utsmani di Timur Tengah antara masing-masing pengaruh.”

“Kita tidak boleh jatuh ke perangkap dari gerakan mereka dengan mentalitas bahwa setetes minyak lebih berharga daripada setetes darah,” Erdoğan memperingatkan para peserta pada pertemuan tersebut dan menambahkan bahwa meskipun sejarah tidak dapat dibalik, pelajaran penting harus diambil untuk masa depan bersama yang lebih baik. [DS]

Baca juga  Pemberontak PKK serang anggota partai AK, 3 meninggal, 8 terluka

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: