Friday, June 21, 2024
Uncategorised

Erdogan: Pemilihan usai, kini saatnya proses peradilan

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat [05/04] mengatakan bahwa proses pemilihan lokal di seluruh Turki sekarang telah berakhir dan sudah waktunya untuk proses peradilan. Pernyataan tersebut menyusul pernyataan keberatan terhadap hasil di Ankara dan Istanbul setelah pemilihan hari Minggu lalu.

Sementara di banyak provinsi hasil pemilu telah dinyatakan lancar, di Istanbul, di mana terjadi persaingan ketat, kasusnya tidak sama. Ada laporan-laporan tentang penyimpangan dan suara yang dicurigai tidak terdaftar oleh partai-partai. Laporan-laporan tersebut menyebabkan penghitungan ulang ‘suara yang tidak sah’ semua distrik dan perhitungan ulang ‘semua suara’ di tiga distrik, menurut dewan pemilihan kota dan distrik.

Di antara distrik-distrik Istanbul, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) memimpin di 24 kota distrik, yang mencakup 62 persen populasi di Istanbul. Sementara Partai Rakyat Republik (CHP) memimpin pemilihan di 14 distrik, satu distrik akan berada di bawah pemimpin terpilih dari Partai Gerakan Nasionalis (MHP). Namun, hasil tidak resmi menunjukkan kandidat Aliansi Bangsa CHP, Ekrem İmamoğlu memimpin dalam pemilihan walikota untuk Kota Metropolitan Istanbul dengan 22.000 suara melawan kandidat Aliansi Rakyat Binali Yıldırım dari Partai AK. Secara total ada 10.570.939 pemilih yang memenuhi syarat dan jumlah pemilih mencapai 83,88 persen. Namun, dari hampir 9 juta suara, sekitar 230.000 diputuskan sebagai suara tidak sah yang ditemukan terutama di distrik-distrik yang dianggap sebagai kubu Partai AK.

[adinserter block=”1″]

Proses penghitungan ulang untuk pemungutan suara Istanbul setelah naik banding saat ini sedang berlangsung dan keputusan akhir pemenang akan dinyatakan oleh Dewan Pemilu Tertinggi (YSK), sebuah badan peradilan non-partisan dan independen.

Berbicara kepada wartawan di Istanbul, Erdogan mengatakan hasilnya sekarang akan dievaluasi kembali dalam tiga tahap, pertama di tingkat kabupaten dan kemudian provinsi, sebelum YSK mengumumkan hasil akhir. [Daily Sabah]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d