- Advertisement -
Teknologi

Erdogan: Program F-35 AS akan gagal total jika Turki tak diikutsertakan

TURKINESIA.NET – ANKARA. Program jet tempur F-35 Amerika Serikat diprediksi gagal total jika Turki dikeluarkan dari proyek tersebut.

“Turki tidak akan menerima penyimpangan di bidang pertahanan, seperti halnya di bidang politik, diplomasi, dan ekonomi,” tegas Recep Tayyip Erdogan selama Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-14 (IDEF’19) di Istanbul.

Dia mengecam upaya “penyimpangan” dalam F-35, yang merujuk pada ancaman AS untuk membatalkan penjualan ke Turki karena Turki bersikeras membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

“Mereka mencoba menyisihkan kami meskipun kami adalah mitra proyek dan produksi. Saya jamin bahwa proyek F-35 akan gagal jika hal itu terjadi,” kata dia lagi.

Hubungan AS dan Turki telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena Turki berniat membeli S-400, yang menurut Washington akan berisiko terhadap peran Turki dalam program jet tempur F-35.

Menurut Erdogan, Turki telah mengurangi ketergantungan industri pertahanan asing dari 80 persen menjadi 30 persen dan sekarang gencar mengekspor produk-produk industri pertahanan.

Dia menambahkan bahwa Turki juga membuat kemajuan dalam produksi kendaraan udara tak berawak di seluruh dunia. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: