- Advertisement -
Internasional

Erdogan puji keputusan Ozil keluar dari Timnas Jerman

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan bahwa pesepakbola Jerman keturunan Turki, Mesut Özil, telah menunjukkan “sikap nasional dan pribumi” dengan mundur dari tim nasional Jerman atas apa yang disebutnya sebagai rasisme di Jerman.

Erdoğan berbicara kepada wartawan setelah pertemuan anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara pada 24 Juli, beberapa jam setelah ia melakukan panggilan telepon dengan Özil pada akhir 23 Juli.

“Pernyataan Özil dan sikap yang dia ambil sepenuhnya bersifat nasional dan pribumi. Itu jauh melampaui semua penghargaan. Saya mengucapkan selamat kepadanya, sebab pendekatan rasis seperti itu  karena agamanya terhadap seorang pemuda yang memberikan segalanya untuk tim nasional Jerman, memberikan kontribusi untuk keberhasilannya (Jerman), benar-benar tidak dapat diterima” kata Erdogan.

Özil, seorang warga negara Jerman generasi ketiga keturunan Turki, telah menjadi sasaran rasisme sejak dia berfoto dengan Erdogan pada bulan Mei, memicu pertanyaan tentang kesetiaannya kepada Jerman.

Gelandang Arsenal berusia 29 tahun tersebut mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Jerman dalam pernyataannya pada 22 Juli.

Dia membela fotonya bersama Erdogan, bersikeras bahwa dia tidak memiliki motif politik dan hanya menghormati warisan leluhurnya dan hubungannya ke Turki.

Erdogan mengatakan pada 24 Juli bahwa dia juga telah berfoto dengan pemain lain, termasuk İlkay Gündoğan dan Cenk Tosun dan beberapa orang mengkritiknya dengan mengatakan “mereka tidak dapat memahaminya”, menggunakan ungkapan Turki yang menunjukkan kecemburuan atau iri hati.

“Beberapa politisi yang mapan melihat hal-hal sebagaimana adanya,” kata Erdogan.

Sementara Özil diledakkan oleh politisi dan tabloid sayap kanan Jerman, banyak politisi di Jerman mendukung keputusannya.

Seorang juru bicara Kanselir Angela Merkel, Ulrike Demmer, mengatakan pemimpin Jerman “menilai Mesut Özil terlalu tinggi.”

Baca juga  Erdogan: Negara Muslim jangan jatuh ke perangkap Barat

Dia mengatakan dirinya telah “membuat keputusan yang harus dihormati,” sementara bersikeras bahwa “Jerman adalah negara terbuka di mana orang-orang dengan latar belakang imigran sangat diterima.”

Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Mass ikut berkomentar “Fakta bahwa Jerman tersingkir dari Piala Dunia, hanya sedikit yang dilakukan Tuan Özil berfoto dengan Erdogan. Menurut saya orang-orang yang terlibat harus lebih fokus melihat masalah ini. Sayangnya, hanya sedikit orang yang bisa menyikapi masalah ini dengan baik,” ujar Menteri Luar Negeri Heiko Maas.

HDN

5 1 vote
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: