Friday, March 1, 2024
Internasional

Erdogan: Semangat Hitler telah muncul kembali pada para pemimpin Israel

TURKINESIA.NET – ANKARA. Semangat Adolf Hitler telah muncul kembali di antara beberapa pemimpin Israel setelah Israel mengesahkan undang-undang “negara-bangsa”, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengatakan pada hari Selasa (24/07).

Sebagaimana dilansir Turkinesia.net dari harian Turki Daily Sabah, Erdogan menyatakan bahwa “Peraturan ini merupakan bukti bahwa, tanpa ragu, Israel adalah negara paling Zionis, Fasis dan rasis di dunia,” kata Erdogan dalam pertemuan anggota parlementer dari Partai Keadilan dan Pembangunan partainya. Erdogan menekankan bahwa tindakan tersebut merupakan pengesahan terhadap “tindakan dan penindasan Israel yang melanggar hukum.”

“Saya menyerukan kepada dunia Islam, dunia Kristen, semua negara demokratis dan liberal, organisasi non-pemerintah, anggota media untuk bergerak melawan Israel,” tambahnya.

Parlemen Israel pada Kamis 19 Juli 2018 telah mengesahkan undang-undang yang menyatakan bahwa negara tersebut akan menjadi “negara-bangsa bagi orang-orang Yahudi”.

Undang-undang lebih lanjut menyatakan bahwa “Yerusalem bersatu” adalah ibu kota Israel dan bahasa Ibrani adalah bahasa resmi negara tersebut.

Sementara itu  menjadikan Bahasa Arab yang sebelumnya juga dianggap sebagai bahasa resmi negara, kini hanya diberikan status khusus.

UU tersebut dianggap semakin mengucilkan hak-hak bangsa Arab di Israel. Disetujui oleh suara 62-55, UU juga menuai kecaman dari dalam Israel sendiri di mana anggota parlemen Arab mencela apa yang mereka sebut “rasisme Israel terhadap minoritas Arab”.

Arab Israel membentuk sekitar 20 persen dari populasi Israel yang seluruhnya berjumlah sembilan juta orang.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memuji undang-undang tersebut, menggambarkan bagiannya sebagai “momen yang menentukan untuk Zionisme dan Israel”.

Turki telah mengecam undang-undang untuk mencoba melucuti hak-hak Palestina mereka. Daily Sabah

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d