- Advertisement -
Bilateral

Erdogan tiba di Bosnia untuk meningkatkan hubungan kedua negara dan kampanye Pemilu

Turkinesia.net – Sarajevo. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Minggu telah tiba di ibukota Bosnia-Herzegovina, Sarajevo, dalam kunjungan kerja dan kampanye penting untuk pemilu di luar negeri.

Erdoğan didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Hakan Çavuşoğlu, Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu, Menteri Ekonomi Nihat Zeybekci, Menteri Pemuda dan Olahraga Osman Aşkın Bak, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Numan Kurtulmuş, Kementerian Transportasi, Urusan Maritim dan Komunikasi Ahmet Arslan dan Kepala Urusan Agama Ali Erbaş.

Selama kunjungan, Erdoğan akan mengadakan pertemuan empat mata dan pembicaraan antar-delegasi dengan Bakir Izetbegovic, Anggota Kepresidenan Bosnia-Herzegovina.

Presiden akan menghadiri sidang umum keenam Persatuan Warga Turki di Eropa (UETD), di mana Erdogan juga akan menggelar perkumpulan massa hari Minggu untuk memobilisasi pemilih ekspatriat menjelang pemilihan umum pada 24 Juni.

Suara warga ekspatriat Eropa pada umumnya merupakan sumber dukungan bagi Partai AK dan para pejabat ingin membangkitkan jumlah pemilih yang kuat di Eropa.

Pemilihan awal di Turki diatur untuk mempercepat transisi ke sistem presidensial baru dengan kekuatan eksekutif penuh.

Acara di Bosnia-Herzegovina merupakan satu-satunya kampanye Erdogan yang dijadwalkan akan dilakukan di Eropa menjelang pemungutan suara.

Diprediksi, 20.000 pendukung dari seluruh Eropa, separuh dari mereka dari Jerman, diperkirakan diundang ke tempat olahraga terbesar di Sarajevo, Zetra, kata media Bosnia, sedangkan UETD mengatakan sekitar 10.000 orang diperkirakan hadir dalam perkumpulan massa. Jerman, dengan diaspora terbesar, memiliki sekitar 1,4 juta warga Turki yang memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilu bulan Juni untuk parlemen dan kepresidenan, sementara jumlah pemilih Turki di seluruh Eropa lebih dari 3 juta.

Erdogan juga akan berbicara dengan para mahasiswa di Universitas Internasional Sarajevo, di mana gelar doktor kehormatan akan diberikan kepadanya.

Baca juga  Perwakilan Muslim Rohingya ucapkan selamat atas kemenangan Erdogan

Selama pertemuannya, kantor pers presiden mengatakan, Erdogan akan membahas hubungan bilateral Turki dengan Bosnia, perkembangan terakhir di Balkan serta masalah regional dan internasional.

Setengah dari 3,5 juta penduduk Bosnia adalah Muslim, sepertiga adalah Serbia, sementara Kroasia membuat sekitar 15 persen dari populasi. [Daily Sabah]

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: