- Advertisement -
Internasional

Erdogan: Tidak ada yang bisa mengatur Turki

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Mereka yang mencoba untuk mendominasi Turki dalam seabad terakhir telah dipukul mundur oleh rakyat Turki, kata presiden Turki pada hari Sabtu (17/11).

“Kepada mereka yang mencoba mengubah Turki ke pelataran mereka sejak Pertempuran Gallipoli, Perang Kemerdekaan dan kudeta gagal 15 Juli 2016, sebagai sebuah bangsa kami memberikan jawaban yang diperlukan,” Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan pada upacara pembukaan Taman Nasional di Başakşehir, Istanbul, mengacu pada pertempuran bersejarah yang menentukan dan kudeta gagal yang telah menyebabkan 251 orang menjadi martir.

“Salah satu komitmen dalam program kinerja 100-hari tertunaikan hari ini dengan dibukanya Taman Nasional ini, dan yang lainnya akan diselesaikan satu per satu,” tambah Erdogan.

“Kami mengatakan bahwa kami akan membangun Kanal Istanbul, mereka mengatakan ‘Kami tidak menginginkannya,’ ‘Jangan membangunnya.” Kami akan membangunnya apakah Anda menginginkannya atau tidak,” katanya.

Menurut Menteri Transportasi dan Infrastruktur Turki, Cahit Turhan, tahun depan Turki berencana untuk meluncurkan pembangunan Kanal Istanbul, jalur air laut buatan, dan menyelesaikannya pada 2023.

Kanal ini dimaksudkan untuk mempermudah arus lalu lintas antara Laut Hitam dan Laut Marmara, terutama lalu lintas kapal tanker minyak yang melewati Selat Bosporus.

Kanal sepanjang 45 kilometer (hampir 28 mil), yang akan dibangun di sepanjang koridor Kucukcekmece-Sazlidere-Durusu di Istanbul dapat dilalui 160 kapal per hari.  [YS]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: