- Advertisement -
Internasional

Erdogan: Turki berada pada titik balik

TURKINESIA.NET – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan pada hari Minggu di sebuah kongres pemuda Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa mengatakan bahwa negara itu berada pada titik balik dengan adanya transisi dari sistem parlementer menjadi sebuah sistem kepresidenan.

“Turki kini telah mencapai titik balik dengan sistem pemerintahan presidensial,” katanya.

Parlemen hari Jumat lalu meloloskan RUU menyerukan pemilihan awal pada 24 Juni sebagai penetapan langkah Turki dari parlemen ke sistem presidensial. Dalam referendum April 2017, pemilih Turki menyetujui pengalihan tersebut.

Di bawah perubahan, jumlah anggota parlemen di parlemen meningkat dari 550 menjadi 600, pemilihan presiden dan parlemen akan diadakan setiap lima tahun dan presiden dapat mempertahankan hubungan dengan partai politik mereka. Jabatan Perdana Menteri juga dihapuskan.

Operasi kontra-teror

Erdogan juga menyatakan bahwa Turki berhasil melanjutkan perjuangannya melawan terorisme, “Para teroris yang telah dinetralkan di Afrin hampir 4.500. Di Irak utara, hampir 300 teroris telah dinetralisir.”

Operasi Olive Branch dimulai pada 20 Januari di Afrin, wilayah yang terletak di perbatasan selatan Turki, untuk membangun keamanan dan stabilitas, menghilangkan teroris PKK/KCK/PYD-YPG dan Daesh serta menyelamatkan penduduk setempat dari penindasan dan kekejaman teroris. [Yeni Safak]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: