- Advertisement -
Internasional

Hari ini OKI rapat darurat di Istanbul bahas Palestina

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Turki yang saat ini menjadi ketua dari 57 anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), menyerukan KTT OKI darurat yang akan diselenggarakan hari ini Jumat (18/05/2018) di Istanbul untuk membahas tindakan bersama terhadap Israel.

Juru bicara Presiden Turki İbrahim Kalın mengatakan: “Selama KTT, kami akan membahas sikap dan langkah yang harus diambil untuk membela Palestina dan Yerusalem dan berdiri dalam solidaritas dengan pemerintah Palestina dan publik.”

KTT tersebut diselenggarakan atas undangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.

Relokasi kedutaan AS ke Yerusalem bertepatan dengan peringatan 70 tahun berdirinya negara Israel sejak tahun 1948 – sebuah peristiwa yang oleh orang Palestina disebut sebagai “Nakba” atau “Malapetaka”.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza pada Senin pagi untuk ikut serta dalam protes yang ditujukan untuk memperingati peristiwa Nakba dan memprotes merelokasi Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, sebagian besar warga Palestina yang tewas pada hari Senin ditembak oleh penembak jitu Israel, termasuk seorang bayi berusia 8 bulan yang meninggal karena menghirup gas air mata bersama dengan delapan anak di bawah usia 16.

Setelah kekerasan mematikan Israel terhadap warga Palestina, Turki menarik duta besarnya di Israel dan AS untuk konsultasi dan menyatakan tiga hari berkabung nasional. Afrika Selatan juga memanggil kembali duta besarnya.

Sejak demonstrasi di perbatasan dimulai pada 30 Maret, lebih dari 100 demonstran Palestina telah tewas oleh tembakan Israel lintas-perbatasan, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: