- Advertisement -
Uncategorised

HDP alami kekalahan besar di pemilihan lokal Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Partai Demokratik Rakyat (HDP), sebuah partai oposisi yang pro teroris PKK kehilangan kota-kota penting dalam pemilihan lokal Turki pada Minggu malam [31/03]. Lebih dari setengah basis pemilihnya hilang secara total.

Partai Keadilan dan Pembangunan yang Berkuasa (Partai AK) mengalami kebangkitan di provinsi timur dan tenggara, merebut Bitlis, Şırnak dan Ağrı dari HDP.

Di Tunceli, kubu kuat HDP, partai tersebut kalah dari Partai Komunis Turki (TKP) Mehmet Fatih Maçoğlu.

HDP berkali-kali dikecam karena mentransfer uang dan dana pembayar pajak ke PKK, sebuah kelompok teroris yang diakui secara global.

[adinserter name=”Block 1″]

Walikota HDP juga dituduh merusak layanan kota, memungkinkan PKK untuk menggali terowongan di jalan-jalan dan melancarkan serangan terhadap polisi dan tentara. Akibatnya, Turki menghapus administrasi 93 kota yang dipilih di wilayah tersebut karena hubungan mereka dengan kelompok teroris PKK dan menunjuk pejabat sementara ke kota-kota ini pada tahun 2016.

Di kota yang dikelola oleh pejabat sementara, infrastruktur yang rusak untuk air minum, air limbah dan sanitasi telah diperbaiki dan infrastruktur baru telah dibangun. Pekerjaan konstruksi yang luas dilakukan oleh pejabat sementara untuk menghidupkan kembali provinsi-provinsi tenggara yang dirusak oleh PKK.

Pemerintah Turki telah lama menuduh HDP memiliki hubungan dekat dengan PKK. HDP dikenal karena dukungannya terhadap otonomi di daerah-daerah yang dihuni oleh populasi besar Kurdi. Juga, beberapa anggotanya telah didakwa atau dituduh memiliki hubungan dengan organisasi teroris. Mantan pemimpinnya, Selahattin Demirtaş, ditangkap pada November 2016 karena propaganda teroris.

[adinserter name=”Block 1″]

Dibentuk pada tahun 1978, kelompok teroris PKK telah memerangi pemerintah Turki untuk tujuan membentuk sebuah negara merdeka. Kampanye terornya telah menyebabkan kematian lebih dari 40.000 orang termasuk anak-anak, wanita dan orang tua. PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa. [Daily Sabah]

Baca juga  Turki kecam pernyataan UE terkait bom Afrin: “Mereka ikut terlibat”

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: