- Advertisement -
Internasional

Idul Fitri, Erdogan ziarahi makam sahabat karibnya korban upaya kudeta 15 Juli

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Dalam rangka hari raya Idul Fitri, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berziarah ke makam sahabat baiknya yang gugur di malam percobaan kudeta 15 Juli 2016 silam.

Erol Olçak, tokoh terkemuka dalam bisnis periklanan, terkenal karena kampanye yang ia luncurkan untuk Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party), tewas bersama putranya yang berusia 16 tahun pada Jumat malam setelah segolongan kecil junta militer terkait dengan Organisasi Teroris Gülen (FETÖ) melakukan upaya kudeta.

Olçak dan putranya pergi ke Jembatan Bosporus yang telah diblokir oleh tentara pro-kudeta untuk melakukan aksi protes. Mereka berdua tertembak oleh tentara pro-kudeta yang menembaki kerumunan warga sipil.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Olçak. Presiden Erdoğan menghadiri upacara pemakamannya yang diadakan pada hari Jumat di Masjid İlahiyat di Istanbul. Presiden Erdogan menyampaikan beberapa kalimat perpisahan yang sangat mengharukan. Beliau menangis selama pidato perpisahan singkatnya.

Di antara tokoh-tokoh politik yang menghadiri pemakaman bersama dengan Erdogan adalah Ketua Parlemen İsmail Kahraman, mantan Presiden Abdullah Gül dan mantan Perdana Menteri Ahmet Davutoğlu.

Sebagian orang menjuluki Olcak sebagai pembuat pemimpin di Turki, ia mendesain poster-poster kampanye dengan cara yang unik, sampai-sampai banyak pusat penelitian internasional menganggapnya sebagai “lelaki bayangan yang membuat keajaiban melalui gambar.”

Dia yang menciptakan lambang Partai Erdogan, AK Parti. Dia juga merupakan pendiri inti media pertama partai tersebut dan menjabat sebagai manajer kampanye AK Parti sejak didirikan selama 14 tahun dan menjabat sebagai penasihat media untuk partai itu dan juga bagi Erdogan sendiri.

[adinserter name=”Block 1″]

Olçak telah membuat film komersial singkat tentang situasi serupa di Turki di mana orang-orang datang bersama-sama untuk menaikkan kembali bendera negara. Iklan itu hampir merupakan bayangan upaya kudeta yang digagalkan oleh rakyat.

Baca juga  Jubir Turki kepada senator AS terkait Pemilu: “Kamu diam! Rakyat Turki telah tentukan pilihannya”

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: