- Advertisement -
Internasional

Ini hasil pertemuan Erdogan dengan berbagai pemimpin dunia di KTT G20

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan beranggapan bahwa pertemuan G20 yang dilakukan di Jepang adalah acara yang produktif dan sukses dalam memfasilitasi dialog tentang isu-isu mendesak dalam agenda global.

Sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Turki mendapatkan banyak kesempatan untuk berbagi tindakan dan perspektif negara mengenai berbagai masalah, termasuk kontra-terorisme, ekonomi global, inovasi, digitalisasi, perawatan kesehatan dan lingkungan, pada pertemuan multilateral dan bilateral, kata Erdogan lewat akun Twitter pribadinya.

“Mempercayai KTT G-20, di mana kami membahas isu-isu mendesak dalam agenda global, telah bermanfaat bagi negara kami, saya berharap acara ini akan bermanfaat bagi umat manusia. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri @AbeShinzo dan Jepang karena menjadi tuan rumah pertemuan puncak yang sukses, ” kata Erdogan.

Berikut beberapa hasil pertemuan Erdogan dengan berbagai kepala negara:

Turki-Amerika Serikat:

Terkait pertemuan dengan Donald Trump, Erdogan mengatakan: “Saya melakukan pertemuan yang sangat produktif dengan Presiden AS @RealDonaldTrump, saya percaya, akan sangat berkontribusi pada pengembangan hubungan politik, militer, dan perdagangan kedua negara. Kami menekankan pentingnya kemitraan strategis dengan jelas dan kuat.”

Turki-Inggris:

“Perdana Menteri Inggris May dan saya bertukar pandangan tentang masalah-masalah regional dan global, termasuk Mediterania Timur, dan hubungan politik dan perdagangan. Kami sepakat pada pendekatan yang berorientasi solusi untuk masalah-masalah itu, ” tambah Erdogan.

Turki-Perancis:

Erdogan mengatakan bahwa ada pembahasan hubungan Turki-Perancis dan penyelesaian masalah antara kedua negara dengan mitranya dari Prancis Emmanuel Macron.

Turki-Jerman:

Presiden juga menambahkan adanya pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel tentang bagaimana mengembangkan hubungan bilateral kedua negara lebih lanjut.

[adinserter name=”Block 1″]

Turki-Rusia:

Erdogan menulis tentang pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di mana mereka sepakat untuk melanjutkan upaya untuk lebih mengembangkan hubungan yang mapan dalam semua aspek.

Baca juga  Jumlah fantastis anggota perempuan Partai Keadilan dan Pembangunan Turki

Turki-Indonesia:

“Dengan menekankan pada @jokowi tentang ikatan kuat antara Turki dan Presiden Indonesia, kami telah menggarisbawahi bahwa keinginan kami untuk memperkuat hubungan kami dan bahwa kami selalu dengan rakyat Indonesia,” tambahnya. Erdogan juga berencana untuk berkunjung ke Indonesia awal 2020.

Turki-Spanyol:

Erdogan juga mengatakan bahwa dirinya juga bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. Keduanya membahas tentang bagaimana meningkatkan hubungan untuk mencapai tingkat yang diinginkan.

[adinserter name=”Block 1″]

Turki-India:

Erdogan mengatakan bahwa dia yakin pertemuannya dengan Perdana Menteri India Narendra Modi akan membuka jalan untuk mengembangkan hubungan bilateral di bidang perdagangan, kerja sama pertahanan dan perang melawan teror.

KTT G-20, diikuti oleh lebih dari 2.000 jurnalis dari seluruh dunia, dihadiri oleh 30.000 orang, termasuk 19 pemimpin dan delegasi dari Uni Eropa.

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: