- Advertisement -
Internasional

Jenderal AS berharap Turki mempertimbangkan kembali pembelian S-400

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Seorang jenderal angkatan bersenjata Amerika Serikat mengatakan jika Turki memutuskan membeli sistem anti-udara Rusia, maka Turki menghadapi risiko tidak dapat mengakses keseluruhan sistem senjata yang dipasok A.S, termasuk F-35.

Jenderal Curtis Scaparrotti mengatakan kepada Komite Layanan Bersenjata Senat seandainya Turki menerima pengiriman S-400 itu akan “berpotensi kehilangan banyak sistem lain, dan salah satu sistem paling penting yang kami sediakan,” mengacu pada F-35.

“Saya berharap mereka mempertimbangkan kembali keputusan yang satu ini pada S-400,” ujar Scaparrotti, yang juga menjabat sebagai komandan sekutu tertinggi NATO.

Scaparrotti menunjuk beberapa masalah yang diajukan sistem Rusia, termasuk kurangnya interoperabilitas dengan sistem NATO, dan mengatakan S-400 adalah “masalah bagi semua pesawat kami, tetapi khususnya F-35, saya percaya.

“Saran militer terbaik saya adalah agar kita tidak menindaklanjuti dengan F-35, menerbangkannya, atau bekerja dengan sekutu yang bekerja dengan sistem Rusia, khususnya sistem pertahanan udara, dengan salah satu kemampuan teknologi kami yang paling canggih, ” dia berkata.

Washington telah memperingatkan sistem S-400 mungkin secara diam-diam mendapatkan informasi penting tentang jet tempur canggih, termasuk jangkauan deteksi mereka, yang kemudian dapat diteruskan ke Rusia.

Setelah upaya berlarut-larut untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS tanpa hasil, Ankara memutuskan pada 2017 untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

[adinserter block=”1″]

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pekan lalu Ankara dan Washington telah mulai merundingkan pembelian potensial sistem pertahanan rudal Patriot dari AS.

Departemen Luar Negeri pada Desember menyetujui kemungkinan penjualan sistem Patriot senilai USD3,5 miliar ke Turki yang mencakup sistem radar canggih, pusat kendali, sistem peluncuran, dan peluru kendali.

Baca juga  “Turki tidak akan biarkan kegiatan apapun tanpa izin di dalam wilayah landas kontinennya”

Ankara berencana untuk membeli 100 jet tempur F-35 dari persetujuan Kongres AS yang tertunda, dan pilotnya saat ini berlatih di platform senjata di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona.

Perusahaan-perusahaan Turki juga memasok program F-35 dengan komponen-komponen utama, termasuk struktur badan pesawat dan rakitan, dan badan pesawat. [Anadolu Agency]

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: