Friday, March 1, 2024
Politik

Jutaan warga Turki hadiri kampanye akbar Aliansi Rakyat di Istanbul

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sekitar 1,6 juta pemilih berkumpul di alun-alun Yenikapı Istanbul untuk menghadiri kampanye akbar bersama Aliansi Rakyat menjelang pemilihan lokal Turki pada 31 Maret. Aliansi Rakyat merupakan gabungan dua partai besar, Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP).

Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Binali Yıldırım yang merupakan kandidat Wali Kota Istanbul dari Partai AK dan mantan Perdana Menteri, serta Ketua MHP Devlet Bahçeli berbicara di hadapan 1,6 juta orang yang berkumpul di Yenikapı untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Aliansi Rakyat.

Presiden Erdogan mengumumkan bahwa Turki akan mendirikan lembah bioteknologi di Istanbul, menciptakan 20.000 lapangan kerja.

Dia mengatakan bahwa berbagai produk mulai dari vaksin hingga lensa resep dan obat kemoterapi akan diproduksi di Tuzla Biotechnology Valley, diperkirakan menelan biaya 6 miliar lira Turki ($ 1 miliar).

Berbicara sehari setelah pengawas perbankan Turki BDDK mengatakan meluncurkan penyelidikan terhadap klaim bahwa JP Morgan mendesak investor untuk bertaruh pada dolar AS terhadap lira Turki, Erdogan mengatakan, “Mereka yang berusaha memprovokasi dan memanipulasi orang dengan mendesak mereka untuk berinvestasi dalam mata uang asing akan membayar harga yang mahal.”

Dewan Pasar Modal Turki (SPK) juga mengatakan telah meluncurkan penyelidikan setelah menerima keluhan bahwa laporan JP Morgan menyesatkan dan menyebabkan spekulasi pada Borsa Istanbul.

Erdogan melanjutkan dengan mengatakan bahwa 17 pusat rehabilitasi berskala besar akan didirikan untuk membantu 200.000 orang cacat di Istanbul.

Ribuan orang mulai berdatangan di alun-alun beberapa jam sebelum kampanye. Para peserta melalui pemeriksaan keamanan yang ketat sebelum memasuki lokasi. [Daily Sabah]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d