Minggu, Oktober 2, 2022
Teknologi

Kapal permukaan tak berawak ULAQ Turki gunakan mesin dan rudal produk lokal

Kapal permukaan tak berawak ULAQ Turki
Kapal permukaan tak berawak ULAQ Turki

ANKARA – Kapal permukaan tak berawak ULAQ Turki (AUSV), akan ditenagai oleh mesin diesel laut yang dikembangkan di dalam negeri, kata kepala perusahaan pembuat mesin itu, Senin.

Halim Tosun, manajer umum TÜMOSAN Engine and Tractor Industry Inc. mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa mereka memproduksi mesin untuk industri pertahanan. Ia menyebut perusahaannya merupakan bagian dari banyak proyek yang dimulai di bawah Presidensi Industri Pertahanan (SSB).

Misalnya, katanya, “Kami terus bekerja pada produksi dan integrasi mesin domestik di kendaraan lapis baja beroda taktis,” serta memproduksi untuk Komando Angkatan Udara Turki.

Torun mengatakan bahwa mereka telah memperoleh landasan penting dalam proyek ULAQ, yang dikembangkan oleh Ares Shipyard bekerja sama dengan Meteksan Defense Industry Inc yang berbasis di Ankara.

“Kami akan melakukan pengiriman prototipe mesin tahun ini,” ungkapnya.

Tumosan telah mengambil langkah penting untuk menjadi pemasok mesin kelautan sejalan dengan dorongan industri pertahanan Turki baru-baru ini untuk produksi lokal dan nasionalisasi sistem.

“Ada kebutuhan khusus di semua elemen Angkatan Bersenjata Turki (TSK), dari mesin 50 tenaga kuda hingga 4.000 tenaga kuda. TÜMOSAN berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan tersebut dengan subsistem domestik dan nasional, terutama pada tenaga mesin 550 tenaga kuda ke bawah,” kata kepala perusahaan itu.

Dia mengatakan bahwa pengaturan baru dan pekerjaan modernisasi akan dilakukan di kampus pabrik di provinsi Konya tengah.

“Ketika pekerjaan di sana selesai, kontribusi yang signifikan akan diberikan kepada industri dan pekerjaan Konya,” kata Tosun.

Tosun menyatakan bahwa lahan pabrik di Konya telah dinyatakan sebagai kawasan industri khusus, dan dalam konteks ini, komitmen investasi sekitar TL 1 miliar ($54,87 juta) telah dibuat kepada Kementerian Perindustrian dan Teknologi.

Baca juga  Bayraktar Akinci B, drone tempur Turki pecahkan rekor terbang terbaru

Ia juga menekankan bahwa 8 juta euro telah diinvestasikan dalam proyek mesin, peralatan sejauh ini. Tosun menambahkan bahwa mereka terus mengerjakan investasi mereka.

Kendaraan tak berawak, ULAQ, awalnya diluncurkan di laut pada Januari dan memulai perjalanan percobaan. Kemudian pada Mei, diumumkan bahwa AUSV siap meluncurkan rudal.

AUSV datang sebagai hasil dari tiga tahun kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) oleh perusahaan industri pertahanan Turki. ULAQ memiliki jangkauan jelajah 400 kilometer (249 mil), kecepatan 65 kph (40,3 mph), kemampuan penglihatan siang dan malam dan infrastruktur komunikasi terenkripsi nasional.

Produk laut tak berawak otonom yang dikendalikan dari jarak jauh dapat dioperasikan di dalam kendaraan darat, dari pusat komando markas atau di platform terapung. Itu dapat melakukan tugas-tugas seperti pengintaian, pengawasan, intelijen, perang permukaan, perang asimetris, pengawalan bersenjata dan perlindungan kekuatan bersama dengan keamanan fasilitas strategis.

ULAQ membawa pod dengan empat rudal Cirit yang dipandu laser, dan dua peluncur rudal anti-tank jarak jauh (L-UMTAS) berpemandu laser, keduanya dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Turki terkemuka lainnya, Roketsan.

Sumber: Daily Sabah

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: