- Advertisement -
Internasional

Ketua Parlemen Turki: Setelah Trump berkuasa dunia semakin krisis

TURKINESIA.NET – IZMIR. Pemilihan presiden 2016 di AS telah mengecewakan dunia, menciptakan krisis global baru, kata Ketua Parlemen Turki Kamis 22/11.

Saat menyampaikan pidato dalam forum ekonomi di provinsi Izmir, Turki, Binali Yildirim mengecam kebijakan pemerintah AS setelah Presiden Donald Trump resmi menjabat pada November 2016.

“Terutama setelah Pemilu AS, dunia menjadi lebih terpolarisasi. Proteksi dan keputusan yang sewenang-wenang [dari pemerintah AS] telah mempercepat krisis global yang tidak dapat diprediksi,” katanya.

Yildirim menambahkan bahwa sanksi langsung dan tidak langsung yang dikenakan oleh Washington pada Turki, Iran dan Rusia telah mempengaruhi seluruh wilayah.

Dia mengatakan masalah regional di Timur Tengah telah memperbarui ancaman terhadap Turki.

“Kekacauan di dekat Turki mempengaruhi kami dan Turki membayar harga yang mahal. Kami telah membayarnya selama delapan tahun tetapi kami tidak mengabaikan mereka. Kami memberikan bantuan kepada orang-orang yang bermasalah,” kata Yildirim, mengacu pada perang saudara di Suriah dan upaya Turki untuk membantu pengungsi Suriah.

“Negara-negara yang memiliki tujuan imperial mengalami kesulitan memahami ini. Karena mereka melihat segalanya sebagai uang.”

Turki menampung 3,5 juta pengungsi Suriah – lebih dari negara lain di dunia.

 

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: