Selasa, Agustus 9, 2022
AseanTerpopuler

KTT Kuala Lumpur, Mahathir: Umat Islam harus punya pasar dan teknologi sendiri

KTT Kuala Lumpur, Mahathir: Umat Islam harus punya pasar dan teknologi sendiri - Turkinesia

TURKINESIA.NET – KUALA LUMPUR. Negara-negara mayoritas Muslim harus membangun pasar mereka sendiri dan menghasilkan teknologi mereka sendiri supaya mandiri, kata Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, Kamis [19/12].

Berbicara di sebuah forum selama KTT Kuala Lumpur yang sedang berlangsung, ia menekankan pentingnya kemajuan teknologi dan industri dalam pembangunan nasional.

“Ada 1,7 miliar Muslim. Jelas ini adalah pasar besar jika kita memutuskan untuk mengambil kebutuhan kita dari orang Islam dan negara-negara Muslim. Lalu kita memperkaya diri sendiri.”

“Tetapi karena kita [negara-negara Muslim] tidak memiliki cukup produk sendiri, kita harus mencari sebagian besar kebutuhan kita dari negara lain, dan uang kita mengalir keluar. Ketika uang mengalir keluar, kita menjadi miskin. Tetapi jika kita [menjadi] sumber, hal-hal yang kita membutuhkan dari negara-negara Muslim, maka jelas kekayaan kita akan tetap berada dalam komunitas Muslim, dan kita menjadi lebih kaya,” katanya.

“Itulah sebabnya di antara hal-hal masalah umat Islam yang harus diselesaikan adalah membangun pasar dan menghasilkan barang-barang dan sumber mereka satu sama lain, tetapi penting kita belajar bagaimana menghasilkan barang-barang kita sendiri,” tambahnya.

Dia menggarisbawahi bahwa negara-negara Muslim “akan terus mengejar ketinggalan” dari negara-negara maju lainnya “jika kita tidak mulai membuat dan mengembangkan teknologi kita sendiri.”

“Kami tidak punya pilihan selain mulai mengerjakan ini,” katanya.

KTT Kuala Lumpur selama tiga hari sedang berlangsung di ibukota Malaysia dengan dihadiri ratusan pejabat pemerintah dan perwakilan dari masyarakat sipil dan sektor bisnis dari seluruh Dunia Muslim.

Sumber: Yeni Safak

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: