Thursday, May 23, 2024
Internasional

Mengenang setahun jurnalis Khashoggi, masyarakat gelar aksi di Jerman

TURKINESIA.NET – BERLIN. Sejumlah warga menggelar aksi mengenang setahun insiden pembunuhan wartawan Jamal Khasoggi di depan Duta Besar Arab Saudi di Berlin.

Sekelompok pengunjuk rasa itu menuntut hukuman berat untuk mereka yang bertanggung jawab atas kematian jurnalis Saudi Khasoggi di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul.

Aksi demonstrasi yang digelar pada Selasa itu diorganisir oleh Organisasi Jurnalis Tanpa Batas (ROG).

Massa yang mengikuti aksi demonstrasi itu mengangkat spanduk-spanduk bertuliskan seruan yang menuntut ‘Keadilan untuk Jamal’.

Dalam pernyataan pers, para pengunjuk rasa meminta pembentukan komisi penyelidikan independen di Arab Saudi untuk menjelaskan penyebab pembunuhan Kashoggi secara komprehensif.

Pemimpin RGO Christian Mihr mengatakan bahwa seharusnya negaranya tak menormalkan hubungan dengan Arab Saudi selama negara ini mencegah penyelidikan komprehensif terhadap pembunuhan wartawan Washington Post itu.

“Kejahatan negara ini telah memperlihatkan kebijakan mengekang yang kejam tanpa henti terhadap kritik, yakni kebijakan yang didasarkan pada penyiksaan, deportasi, dan pembunuhan,” ungkap Mihr.

“Jika Putera Mahkota benar-benar ingin bertanggung jawab, dia harus segera membebaskan semua tahanan awak media yang dipenjara di kerajaannya tanpa syarat.”

[adinserter block=”1″]

“Di harus memastikan bahwa fakta-fakta tentang pembunuhan Khasoggi terungkap kepada umum,” lanjut dia.

Mihr menekankan bahwa Arab Saudi tidak boleh mengambil alih kepemimpinan G20 sebelum menunjukkan sikap yang menghormati kebebasan pers.

Dia menuntut agar pemerintah Jerman menahan diri untuk tidak melanjutkan kerja sama pelatihan polisi dengan Arab Saudi yang sudah ditangguhkan sebelumnya.

Demonstran juga mendesak Riyadh untuk membebaskan sekitar 30 jurnalis yang ditahan di Arab Saudi.’

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d