- Advertisement -
BilateralTrending

Menlu: Turki akan balas jika AS bertindak keras

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki akan mengambil langkah balasan jika AS memusuhi negara tersebut, kata Menteri Luar Negeri Turki pada Senin [22/07].

Mevlut Cavusoglu berbicara soal keputusan AS untuk mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35 dalam wawancara televisi.

Jika Turki tak mendapatkan jet F-35, kata Cavusoglu, negara itu akan memenuhi kebutuhannya dari sumber lain sampai memproduksi sendiri.

Pada Rabu, Washington mengumumkan akan mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35, sebagai ancaman karena Ankara membeli sistem pertahanan S-400 Rusia.

Menyusul upaya berlarut-larut untuk membeli sistem pertahanan udara dari AS tanpa hasil, Ankara meneken kontrak pada 2017 untuk membeli S-400 dari Rusia.

Pejabat AS berpendapat sistem Rusia akan tak sesuai dengan sistem NATO dan membuka kemungkinan F-35 sebagai dalih Rusia.

Turki menekankan bahwa S-400 tak akan diintegrasikan dengan sistem NATO dan tak akan menjadi ancaman bagi aliansi.

Turki mendesak pembentukan komisi untuk mengklarifikasi persoalan teknis, namun AS gagal menanggapi proposal ini.

[adinserter block=”1″]

AS mengancam akan menjatuhkan sanksi atas pembelian tersebut, dengan respon Turki bahwa sanksi apapun akan dipenuhi dalam bentuk barang.

Pengiriman komponen S-400 dimulai pada 12 Juni dan akan berlanjut hingga April 2020.

Menyinggung serangan mematikan rezim Suriah baru-baru ini di zona de-eskalasi, Cavugoslu mengatakan Rusia bertanggung jawab untuk menghentikan serangan rezim, di Idlib, barat laut Suriah.

September lalu, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi, di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Namun resim Suriah secara konsisten melanggar ketentuan gencatan senjata, dan kerap meluncurkan serangan di dalam zona de-eskalasi.

[adinserter block=”1″]

Suriah baru saja keluar dari konflik yang menghancurkan sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak demonstran dengan tingkat keganasan yang tak terduga.

Baca juga  Dengan upacara kenegaraan, Erdogan sambut Mahathir di istana kepresidenan

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: