Thursday, May 23, 2024
Islamophobia

Norwegia Larang Aksi Pembakaran Al Quran setelah dapat reaksi keras dari Turki

pembakaran Al-Quran di Swedia,
pembakaran Al-Quran di Swedia,

Norwegia larang aksi pembakaran Al Quran setelah dapat reaksi keras dari Turki. Sebelumnya,  para pengunjuk rasa berencana akan membakar salinan Alquran di luar kedutaan Turki di Oslo hari Jumat, 3 Februari 2023.

Kementerian Luar Negeri memanggil duta besar Norwegia untuk Ankara pada hari Kamis. Sebuah pernyataan oleh kementerian mengatakan utusan itu dipanggil setelah mengetahui bahwa pembakaran Al Quran akan dilakukan di negara Nordik pada hari Jumat.

“Ditekankan kepada duta besar bahwa kami sangat mengutuk pendekatan Norwegia untuk tidak mencegah tindakan provokatif yang direncanakan, yang jelas merupakan kejahatan rasial, sikap ini tidak dapat diterima dan kami berharap tindakan ini tidak diizinkan,” kata sumber diplomatik tersebut kepada Anadolu Agency ( A A).

Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa atas peringatan mereka kepada negara tersebut, Norwegia akhirnya mencabut izin untuk tindakan itu.

Demonstrasi pembakaran Alquran oleh politisi sayap kanan Denmark Rasmus Paludan di Swedia dan Denmark memicu protes global oleh umat Islam dalam beberapa pekan terakhir.

Norwegia juga tidak asing dengan tindakan seperti itu. Lars Thorsen, seorang ekstrimis anti-Muslim yang terkenal, membakar salinan Alquran di negara itu tahun lalu.

Meskipun Türkiye berulang kali mengutuk tindakan semacam itu, provokasi Paludan terjadi pada saat ketegangan antara Türkiye dan Swedia atas tawaran keanggotaan NATO yang terakhir yang perlu diratifikasi oleh Ankara.

Tindakan Paludan adalah tanggapan atas penentangan Türkiye terhadap tawaran keanggotaan NATO Swedia. Politisi Denmark itu memilih tempat di luar Kedutaan Besar Turki untuk membakar Alquran.

Selama ini, Swedia menjadi tempat persembunyian para teroris PKK dan Kelompok Teror Gülenist (FETO).

Sumber: Daily Sabah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
sign up for binance
1 year ago

Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me? https://www.binance.com/en/register?ref=W0BCQMF1

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d