- Advertisement -
Internasional

Pejabat pertahanan AS: Kami butuh Turki untuk beli Patriot

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengatakan pada hari Selasa [26/03] bahwa dirinya ingin Turki tetap berada dalam program jet tempur F-35, tetapi Ankara perlu membeli sistem pertahanan rudal Patriot.

Washington berusaha meningkatkan tekanan pada Turki untuk menghentikan pembelian Sistem pertahanan S-400 Rusia.

Pada sidang Komite Angkatan Bersenjata, Shanahan ditanya apakah Amerika Serikat menginginkan Turki dalam program F-35.

“Kami benar-benar melakukannya; kami membutuhkan Turki untuk membeli Patriot,” jawabnya.

[adinserter block=”1″]

Washington telah menentang rencana Turki untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia dengan tuduhan yang akan “membahayakan” keamanan F-35 buatan Lockheed Martin Corp. Dalam sinyal terkuat dari Washington bahwa Ankara tidak dapat memiliki pesawat F-35 dan S-400 sekaligus, para pejabat mengatakan kepada Reuters bahwa Amerika Serikat dapat segera membekukan persiapan untuk mengirimkan jet tempur tersebut ke Turki.

Turki tetap tidak terpengaruh menghadapi ancaman dari AS. Banyak pejabat tinggi Turki berulang kali menekankan bahwa kesepakatan S-400 bukan ancaman bagi sistem NATO dan bukan alat tawar-menawar terhadap jet F-35 dan negosiasi patriot.

[adinserter name=”Block 1″]

Pada hari Minggu, Erdogan menegaskan bahwa Turki tidak akan mundur dari keputusan untuk membeli sistem S-400 dari Rusia, apapun yang dikatakan Amerika Serikat.

Proses pengiriman sistem pertahanan S-400 diperkirakan akan dimulai pada bulan Juli tahun ini. Turki akan menjadi negara anggota NATO pertama yang memperoleh sistem tersebut. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: