Senin, Oktober 3, 2022
Teknologi

Peluncur roket milik perusahaan pertahanan Turki cetak rekor dunia

Peluncur roket milik perusahaan pertahanan Turki cetak rekor dunia - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebuah perusahaan kontraktor pertahanan Turki terkemuka pada hari Minggu mengumumkan bahwa mereka telah membuat rekor dengan produk artileri roket terbesar di dunia.

Jobaria, merupakan peluncur multiroket, Multiple Cradle Launcher (MCL) yang dikembangkan oleh Roketsan untuk Uni Emirat Arab (UEA), telah memperoleh Guinness World Record untuk katagori artileri roket terbesar di dunia dalam hal jumlah barel, perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke wartawan.

Untuk mengangkut MCL, digunakanlah ranpur khusus Oshkosh Defense 6×6 Heavy Equipment Transporter (HET) beroda 10.

Sebagai ranpur militer yang sekaligus pusat kontrol untuk meluncurkan roket, HET dilengkapi kabin berpendingin tahan api agar operator MCL tetap aman ketika sedang meluncurkan roket-roket.

Semua roda ranpur HET juga tahan api,  khususnya kemampuan menahan panas yang ditimbulkan oleh luncuran roket.

Untuk meningkatkan daya gempur, masing-masing rocket pod mampu memuat 20 roket kaliber 122 mm. Akurasi tembakan roket juga bisa dikendalikan dari ruang kontrol sehingga roket-roket yang ditembakkan dapat menghantam target secara akurat.

Roket-roket itu bisa dikendalikan seperti rudal karena masing-masing sudah dilengkapi oleh GPS. Sementara tiap rocket pod juga sudah dilengkapi inertial navigation unit. Jika diisi Roket 122 mm TR-122, jarak tembaknya bisa sejauh 40 km.
Sistem tersebut dianggap sebagai sistem roket artileri 122 milimeter terkuat di dunia, memiliki empat peluncur roket yang melekat pada semitrailer 10-roda, masing-masing membawa roket 122 milimeter.

Sistem roket artileri ini dapat menembakkan 240 roket ke sasaran dengan jangkauan maksimum sekitar 37 kilometer (23 mil). Roket dapat menghancurkan area seluas empat kilometer persegi.

Roketsan telah aktif di UAE sejak 2003, mengekspor berbagai produk dan ikut serta dalam proyek-proyek pertahanan. Peluncur Jobaria pertama kali ditampilkan pada tahun 2013 di International Defence Fair di ibukota UAE, Abu Dhabi.

Baca juga  Keramik inovatif Turki, anti bakteri dan bebas radiasi

Berdasarkan penjualan tahun sebelumnya, Roketsan yang dimiliki oleh Yayasan Angkatan Bersenjata Turki (TAFF – TSKGV), menduduki peringkat ke-96 di daftar “Defense News Top 100” sebuah daftar bergengsi di dunia militer yang diterbitkan setiap tahun oleh perusahaan penerbitan militer AS,  Defense News magazine. Roketsan memiliki omzet 376 juta USD pada tahun 2017.

Tahun lalu Aselsan, perusahaan pertahanan terkemuka Turki yang juga dimiliki oleh TAFF, memiliki pendapatan sebesar 1,4 milyar USD, naik dari 1,2 milyar USD pada tahun 2016. Perusahaan ini aktif dalam telekomunikasi militer dan sipil, radar, peperangan elektronik, pertahanan, senjata, dan komando dan kontrol dan sistem navigasi.

 

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Peluncur roket milik perusahaan pertahanan Turki cetak rekor dunia […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: